Ibu Hamil Boleh Bepuasa

0
7560

ibuBANYUWANGI – Berpuasa menjadi ibadah wajib yang harus dijalani oleh setiap muslim. Tidak terkecuali bagi ibu yang sedang mengandung (hamil). Ibadah dasar dengan menahan makan dan minum ini pun tetap bisa dijalani tanpa harus khawatir dengan kondisi perkembangan janin yang ada di dalam perut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Kondisi hamil tidak menghalangi seorang ibu untuk melakukan ibadah puasa, asalkan asupan nutrisi selama sahur dan berbuka terjamin kualitasnya,” beber Selamat Widodo, dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Islam Fatimah kemarin (10/7). Widodo menambahkan, ibu hamil sebaiknya memperhatikan porsi makanan harus mengandung nutrisi yang cukup.

Definisi cukup di sini artinya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mencukupi kebutuhan gizi tambahan pada ibu hamil yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin, persiapan menyusi, plasenta, air ketuban, dan volume darah. Namun, banyak yang kemudian menjadi salah persepsi dengan kebutuhan nutrisi tersebut. Banyak ibu hamil kemudian melahap makanan secara berlebihan. Asumsinya dengan menganalogikan dengan makan untuk dua orang.

Sehingga membutuhkan porsi ganda. Anggapan itu perlu direvisi dengan mengartikan makan secukupnya untuk ibu dan janin. Bila tidak, makan berlebihan bisa meningkatkan resiko atas kehamilan dan persalinan itu sendiri nantinya. Idealnya, selama sembilan bulan, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan 11 hingga 13 kilogram saja. Hal ini sekaligus menjadi penting bagi ibu hamil untuk menjaga pola makan yang sehat dan gizi seimbang selama berpuasa.

Hanya saja, dalam kondisi tertentu, Widodo menyarankan agar ibu hamil tidak menjalankan ibadah puasa. Saat apa  itu? Salah satunya ditandai dengan kondisi kehamilan dengan keluhan mual dan muntah. Jika situasi seperti itu, maka disarankannya untuk menunda puasa alias tidak berpuasa dan menggantinya di lain hari. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :