Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Internasional Tour de Banyuwangi Ijen 2024, 20 Tim Balap Sepeda Dalam dan Luar Negeri Saling Beradu – Tribunjatim.com

internasional-tour-de-banyuwangi-ijen-2024,-20-tim-balap-sepeda-dalam-dan-luar-negeri-saling-beradu-–-tribunjatim.com
Internasional Tour de Banyuwangi Ijen 2024, 20 Tim Balap Sepeda Dalam dan Luar Negeri Saling Beradu – Tribunjatim.com
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI– Sebanyak 20 tim dari dalam dan luar negeri akan bertarung pada pagelaran balap sepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITBI) 2024 yang akan digelar pada 22-25 Juli mendatang. Mereka akan mengikuti balapan yang akan melintasi 632 kilometer (km) Banyuwangi.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi M Alfin Kurniawan menjelaskan, antusiasme tim-tim balap sepeda untuk mengikuti pagelaran ITBI 2024 cukup tinggi.

“Sebanyak 42 tim menyampaikan keinginan kepada kami untuk ikut dalam ITBI tahun ini. Tapi kami pilih hanya 20 tim yang kami putuskan untuk ikut,” kata Alfin, Rabu (19/6/2024).

Dari jumlah 20 tim yang berpartisipasi dalam ITBI 2024, sebanyak 14 tim berasal dari delapan negara. Sementara sisanya enam tim berasal dari Indonesia.

Tim luar negeri yang akan ikut dalam ITBI 2024, yakni Trengganu Cycling Team dari Malaysia, Rojaai Insurance dari Thailand, St George Continental Team dari Australia, dan Australian team CCACHEx PAR dari Australia.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Tour De Panderman 2024 di Kota Malang, Akan Diberlakukan Contra Flow

Kemudian 7Eleven Philippines Continental Cycling Team dari Filipina, Kinan Racing Team dari Jepang, LX Cycling Team dari Korea Selatan, Victoria Sports Cycling Team dari Filipina, dan Universe Cycling Team dari Belanda.

Selanjutnya, VC Fukuoka dari Jepang, Malaysia Pro Cycling Team dari Malaysia, Aisan Racing Team dari Jepang, Grant Thornton Cycling Team dari Thailand, dan Ferei Panda Mongolia Team dari Mongolia.

Sementara itu, enam tim lokal yang bakal turut serta dalam ITBI 2024, yakni KGB, Nusantara, BRCC, BRCC, Indonesia National Team, Pontianak Wijaya Racing Team (PWR).

“Masing-masing tim terdiri atas lima pembalap. Jadi total akan ada 100 pembalap yang meramaikan ITBI tahun ini,” sambungnya.

Alfin menjelaskan, ITBI tahun ini akan melintasi jalur sepanjang total 632 kilometer (km) yang terbagi dalam empat etape. Yakni rute Karangdoro – Pemkab Banyuwangi, etape Alas Purwo – Pemkab Banyuwangi, Dusun Kakao – Pemda Banyuwangi, dan Pantai Boom – Paltuding.

“Rutenya berbeda dengan ITBI sebelumnya. Panjang etape masing-masing kurang lebih sama, yaitu sekitar 175 km,” tuturnya.

ITBI 2024 merupakan ajang pertama yang digelar pascapandemi Covid-19. Banyuwangi terakhir kali mengadakan ITBI pada 2019

Baca juga: Trek Pegunungan Bromo Pacu Adrenalin dan Kuras Tenaga Peserta Antangin Bromo KOM Challenge 2023