Jalur ke Bali Diprediksi Macet

0
304


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Wisatawan Diimbau Hindari Perjalanan Malam Hari

KALIPURO – Puncak kepadatan kendaraan jelang libur Natal diprediksi terjadi pada hari Jumat kemarin (23/12). Namun, suasana Pelabuhan Ketapang mulai pagi hingga sore kemarin masih belum menunjukkan kepadataan kendaraan yang  berarti.

Mobil pribadi maupun roda dua terpantau mengalir baik dari Bali maupun dari Jawa. Dari data produksi harian kendaraan ASDP  Ketapang, penumpang yang menuju Bali mencapai 25.536 orang naik 1 persen dari tahun lalu, yakni 25.484 orang.

Untuk roda dua ada 2.028 unit, naik 54 persen dari tahun lalu  1.315 unit. Sementara untuk roda empat ada sekitar 4.414 unit  turun 1 persen dari tahun lalu  4.449 unit. Dari Pelabuhan Gilimanuk, penumpang ada sekitar 26.439 orang yang telah menyeberang.

Loading...

Jumlah tersebut turun 25 persen dari tahun lalu, yakni 35.483 orang. Untuk roda dua sekitar 1.852 unit turun 56 persen dari tahun lalu  4.222 unit jumlahnya. Sementara untuk roda empat ada sekitar 4.323 unit turun 3 persen dari tahun  lalu yakni 4.435 unit.

Manajer Usaha PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang,  Ardhi Ekapati mengatakan, dari pantauan secara kasat mata memang tidak seperti terjadi lonjakan penumpang karena kendaraan yang menuju Bali maupun sebaliknya datang secara mengalir sejak pagi hingga sore  hari kemarin. Namun, dari data produksi  penumpang maupun kendaraan sudah jelas ada peningkatan dari  segi jumlah.

”Siang hingga sore pelabuhan lancar, kendaraan mengalir saja. Kemungkinan puncaknya nanti malam (tadi malam),” kata Ardhi. Dominasi kendaraan yang paling banyak menuju Pulau Bali maupun sebaliknya ada pada kendaraan roda dua maupun roda empat.

Banyak roda empat yang bergerak menuju Bali itu diindikasi banyak warga dari luar kota Banyuwangi yang hendak menuju Pulau Bali untuk merayakan libur Natal dan tahun baru. ”Dominasi R2 dan R4, untuk bus pariwisata juga banyak tapi datangnya selalu malam hari  sejak pukul 20.00. Bus sudah   ramai sejak tanggal 18 Desember lalu,” tandasnya.

Menghadapi puncak musim liburan ini, Ardhi mengimbau kepada pengguna jasa pelayaran maupun wisatawan untuk tidak  menuju Bali maupun kembali  ke Jawa secara bersamaan saat malam hari. Ditakutkan, jika melakukan perjalanan bersama selama malam hari akan terjadi sebuah krodit kendaraan di dalam  pelabuhan.

”Ini juga kenyamanan para penumpang. Kalau ingin lancar dan cepat datang ke tujuan, lebih baik melakukan perjalanan mulai pagi hingga sore hari saja.  Malam pasti ramai, juga didominasi bus pariwisata,” pungkas Ardhi. (radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Baca Juga :