Jelang Nyepi, Ogoh-Ogoh Bermunculan

0
163

jelangSRONO – Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu masih sekitar dua pekan lagi. Namun, tahap menuju upacara untuk menyucikan diri dan alam tersebut mulai dilakukan. Salah satu persiapan menuju prosesi perayaan itu adalah membuat patung ogoh-ogoh. Seperti tampak di Desa Rejoagung, Kecamatan Srono, kemarin. Sebuah patung ogoh-ogoh tinggi 5 meter dan berat lebih-kurang 20 kilogram rampung dibuat.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sang kreator, Eko Susanto, membuat patung yang akan digunakan untuk prosesi jelang Nyepi itu selama 15 hari. “Ya tidak ada tema khusus. Bikin langsung sesuai keinginan saja. Hasilnya begini ini, sangar. Ini menggambarkan kepribadian betara kala,” bebernya. Menjelang Nyepi, tepatnya padasenja hari, ogoh-ogoh tersebut akan diarak ramai-ramai keliling desa. Eko menambahkan, dalam membuat ogoh-ogoh, dia membutuhkan beberapa bahan, seperti gabus, kertas, kayu, dan besi.

Ogoh-ogoh ini akan diarak di Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar. Di sana beberapa ogoh-ogoh tengah dalam masa pengerjaan. Inilah yang menjadi awal persiapan menuju Hari Raya Nyepi. Biaya pembuatan satu ogoh-ogoh bervariasi. Eko menghabiskan dana lebih-kurang Rp 4,5 juta hingga Rp 5 juta. Dana itu berasal dari urunan beberapa orang. (radar)

Loading...

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

Apakah anda pemilik usaha yang masih menggunakan manual (Excel) untuk perhitungan absensi, gaji, pajak, BPJS dan laporan?? Dan apakah Human…
05/24/2018
DKI Jakarta