Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Jelang Pemilu, Anggota Dewan Pilih Bimtek

BANYUWANGI – Para anggota DPRD Banyuwangi seolah belum menghentikan kebiasaan bepergian ke luar daerah. Dengan kemasan bimbingan teknis (bimtek), seluruh legislator Bumi Blambangan rencananya akan mengunjungi Kota Apel, Malang, mulai hari ini (17/5). Diperoleh keterangan, para anggota dewan telah bertolak ke Malang kemarin (16/5). Para wakil rakyat tersebut dijadwalkan tiba di Banyuwangi lagi Minggu mendatang (19/5).

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Adil Achmadiono mengatakan, bimtek tersebut sangat dibutuhkan para anggota dewan untuk meningkatkan kapasitasnya. Dikatakan, dengan bimtek, para wakil rakyat akan memperoleh informasi dan pengetahuan baru. “Wawasan baru itu berfungsi sebagai referensi dalam rangka peningkatan kinerja dewan,” ujarnya kemarin (16/5). Menurut Adil, bimtek sangat dibutuhkan lantaran kapasitas para wakil rakyat tidak merata.

Terlebih, akhir-akhir ini terjadi perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), yakni Permendagri Nomor 16 Tahun 2013 tentang perubahan Pemendagri Nomor 37 Tahun 2012 tentang pedoman penyusunan APBD 2013. Dikatakan, sejumlah narasumber asal kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan tim ahli Kemendagri akan didaulat menyampaikan materi dalam bimtek kali ini.

“Sebab, dalam bimtek kali ini kami juga akan menerima pembekalan materi mengenai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2013 tentang tata cara pengunduran diri kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan menjadi bakal calon anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD. Materi lain yang akan disampaikan narasumber adalah peningkatan kapasitas politik DPRD menjelang Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014,” tuturnya.

Lebih jauh Adil mengatakan, pihaknya bertekad meningkatkan kapasitas seluruh anggota dewan agar kinerja lembaga legislatif semakin optimal. “Mari kita berpikir positif. Jangan hanya menganggap anggota dewan gemar pelesir. Bimtek ini sangat dibutuhkan agar kapasitas anggota dewan meningkat. Dengan demikian, kinerja lembaga DPRD semakin optimal,” pintanya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE