Jokowi-JK Klaim Raih 62 Persen

0
167

BANYUWANGI – Tuntas sudah pelaksanaan pemilihan presiden dan wakilnya yang digelar serentak di tanah air kemarin. Di Banyuwangi, pelaksanaan coblosan berlangsung aman. Begitu coblosan tuntas, tim sukses pemenangan capres-cawapres langsung melakukan penghitungan. Seperti yang dilakukan tim pemenangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) kemarin. Tim yang diketuai Yusuf Widyatmoko itu bergerak cepat melakukan penghitungan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hasil penghitungan sementara hingga pukul 18.00 kemarin, pasangan nomor urut dua, Jokowi-JK, meraih 13.686 suara atau 62,92 persen. Lawannya, Prabowo-Hatta Rajasa, mendulang 8.065 suara. Total suara sah 21.752 suara dan suara tidak sah 145 suara dari jumlah DPT 30.262 suara. Perolehan sementara itu dibenarkan Ketua Tim Pemenangan Jokowi- JK Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko. ”Data itu kita peroleh dari saksi-saksi yang kita sebar di semua TPS. 

Perolehan sementara pasangan Jokowi-JK 62,92 persen,” kata Yusuf yang juga menjabat sebagai wakil bupati Banyuwangi itu. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada warga Banyuwangi yang telah melaksanakan coblosan hingga sukses.Kami juga ucapkan terima kasih kepada warga Banyuwangi yang telah memilih Jokowi-JK. Semoga pasangan ini amanah dalam memimpin negeri ini,’’ tandas Yusuf.

Sementara itu, hitung cepat pilpres yang dilakukan sejumlah lembaga survei akhirnya memenangkan capres-cawapres nomor urut dua kemarin. Meski demikian, Ketua tim Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Banyuwangi, Marsindi, tetap menyerukan para relawan agar terus mengawal perolehan suara tersebut. Mantan anggota DPRD Jawa Timur tersebut menginstruksikan agar semua relawan Bara JP mengawal suara mulai tingkat tempat pemungutan suara (TPS).  

Relawan Bara JP juga diminta memantau suara di tingkat panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK), hingga perolehan suara di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyuwangi. Mengawal perolehan suara itu penting dilakukan, kata Marsindi, karena pihaknya tidak ingin ada kecurangan selama proses penghitungan suara dari TPS hingga KPU. “Untuk itu, kami tetap minta relawan yang tergabung dalam Bara JP waspada dan siaga mengamankan suara,” tutur tokoh asal Kecamatan Muncar tersebut.

Selain meminta para relawan terus siaga dan mengamankan perolehan suara Jokowi-JK, Marsindi juga menyampaikan banyak terima kasih kepada rakyat Banyuwangi. Sebab, sudah memberikan kepercayaan yang luar biasa kepada pasangan capres-cawapres Jokowi -JK. “Kami juga terima kasih kepada para relawan yang telah bekerja keras siang dan malam untuk memenangkan pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla,” pungkas Marsindi.  

Sementara itu, pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, perolehan suara Jokowi-JK unggul di daerah pemilihan (dapil) lima yang meliputi Kecamatan Sempu, Genteng, Glenmore, dan Kalibaru. Hasil hitung cepat panitia pemilihan kecamatan (PPK) di dapil lima, pasangan Jokowi-JK berhasil unggul di empat kecamatan tersebut. Di PPK Kalibaru, Prabowo-Hatta meraih 13.915 suara dan Jokowi-JK meraih 20.973 suara.

Di Kecamatan Glenmore, Prabowo Hatta meraih 19.713 suara dan Jokowi-JK meraih 19.917 suara. Di Kecamatan Sempu, Prabowo-Hatta mendapat 15.876 suara dan Jokowi-JK meraup 25.401 suara. Yang terakhir, di wilayah Kecamatan Genteng Prabowo-Hatta dapat 15.189 suara, capres Jokowi- JK dapat 22.304 suara. “Khusus di Kecamatan Genteng masih ada satu panitia pemungutan suara yang belum masuk, yaitu PPS Desa Genteng Wetan,” kata Ketua PPK Genteng, Abdul Malik, tadi malam.  

Sementara itu, Tim Prabowo- Hatta Banyuwangi sampai kemarin petang masih melakukan hitung cepat dengan cara riil count. Hasil riil count yang dilakukan di kantor DPD Partai Keadilan Sejahtera hingga pukul 18.40 tadi malam, masih 40 persen data yang masuk. Rinciannya, pasangan Prabowo–Hatta 25 persen dan Jokowi JK meraup 33 persen.

“Sekarang SMS (pesan singkat) masih terus masuk, dan kita targetkan pukul sebelas malam nanti sudah selesai,” kata Wahyu, bagian tabulasi tim pemenangan Prabowo-Hatta.  Ketua Tim Pemenangan Prabowo- Hatta Banyuwangi, Eko Susilo Nur Hidayat berharap, perolehan suara jagoannya tersebut akan terus naik. “Kita prediksi selisihnya tipis,” katanya. Eko mengaku mengapresiasi apa pun hasil pilpres berdasar hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei hari ini. “Tapi sebaiknya kita menunggu hasil penghitungan KPU,” tandasnya. (radar)

Loading...