Kantor PN Pertama Dikenal dengan Nama Landraad

0
1386

Bangunan-pengadilan-pertama-di-Banyuwangi-masih-berdiri-kokoh-di-Jalan-Jaksa-Agung-Suprapto,-tepatnya-di-barat-Stadion-Diponegoro,-Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

TIM ekspedisi terus bergerak mencari bangunan-bangunan kuno di Banyuwangi. Kali ini tim ekspedisi bangunan  kolonial yang terdiri atas Jawa Pos Radar Banyuwangi (JP-RaBa) dan Banjoewangie Tempo Doeloe (BTD) berada di sebuah bangunan tua di sebelah  barat Stadion Diponegoro.

Tim langsung mencari tahu sejarah bangunan kuno di sebelah barat Stadion Diponegoro  itu. Di sana terdapat sebuah bangunan kuno. Di utara jalan raya. Bangunan itu ternyata dulu merupakan kantor PN Banyuwangi pertama sebelum akhirnya pindah ke Jalan Adi Sucipto No. 26.

Berdasar data yang diperoleh tim JP-RaBa dan BTD dari situs resmi PN Banyuwangi, PN Banyuwangi  pada masa penjajahan Belanda lebih dikenal dengan sebutan Landraad. Sebutan itu berganti menjadi kantor Polisi Kehakiman pada masa pendudukan Jepang.

Pada tahun 1959 resmi menjadi PN Banyuwangi dengan ketua pengadilan pada waktu itu adalah Soewarno Ronowiredjo SH dan kepala panitera bernama Soemardjo. Sejak awal diresmikan sebagai kantor PN Banyuwangi, gedung  di Jalan Jaksa Agung Suprapto 52, Banyuwangi, itu hingga tanggal  22 Desember 1981 masih digunakan oleh pemerintah sebagai   kantor PN Banyuwangi.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

Baca :
Nelayan Muncar Panen Ikan Lemuru