Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Hukum  

Kayu Jati Berusia 27 Tahun Ditebang, 8 Pelaku Kabur dari Kejaran Petugas

Barang bukti kayu jati yang dipotong (Foto : seblang.com)

Delapan orang terduga pelaku ilegal loging di Petak 46 a-1 RPH Senepo Selatan, BKPH Pesanggaran, KPH Banyuwangi Selatan, masuk wilayah administrasi Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran berhasil meloloskan diri usai tepergok petugas, Kamis (23/12/2021) sekitar Pukul 03.00 WIB.

Kronologi kasus penebangan pohon tanpa izin (PPTI) di kelas hutan KU IX luas baku 25,5 ha tersebut menurut Wakil Adm KPH Perhutani Banyuwangi Selatan Muhlisin Sabarna, saat melakukan patroli petugas dari unsur KRPH Senepo Selatan, Danru Polhutmob, bersama lima anggota Polhutmob, dan lima personel BKPH Pesanggaran.

Sekitar pukul 00.30 WIB di lokasi kejadian, petugas mendengar suara gergaji mesin (Chainsaw) sedang merobohkan 2 pohon jati berusia 27 Tahun. Kemudian petugas melakukan pengintaian terhadap pelaku yang sedang memotong kayu dengan alat tersebut. Di waktu yang sama petugas melihat truk warna kuning tak berplat nomor terparkir di tepi hutan yang dicurigai akan mengangkut kayu hasil tebangan.

Sekitar Pukul 03.13 WIB kendaraan ini masuk ke dalam hutan dan hendak mengangkut kayu hasil PPTI tersebut. Setelah cukup bukti dengan kayu dinaikan ke truk, petugas langsung melakukan penyergapan. Karena kondisi gelap, pelaku yang diperkirakan 8 orang kabur melarikan diri dari sergapan petugas. Di lokasi petugas mengamankan 1 unit truk tak berplat nomor, 1 buah gergaji mesin, 8 batang kayu jati, dan 1 pohon jati yang masih utuh.

Dari tebangan itu kemudian petugas melakukan penghitungan dan peleteran pencatatan tunggak, menghimpun kayu yang masih utuh, melaporkan ke atasannya, membuat laporan huruf A, dan melaporkan kasus itu ke Mapolsek Pesenggaran.

“Saat ini masih dalam proses pengamanan bukti di TKP,” jelas Muhlisin Sabarna, Kamis (23/12/2021).

Sumber : https://seblang.com/2021/12/23/kayu-jati-berusia-27-tahun-ditebang-8-pelaku-kabur-dari-kejaran-petugas/

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE