Kepala Membesar, Tubuh Virgian Lemas

0
233

kondisi-virgian-abdul-basid-7-saat-diperiksa-petugas-kesehatan-dari-puskesmas-karangsari-sebelum-dirujuk-ke-rsud-blambangan


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SEMPU – Sungguh malang nasib yang dialami Virgian Abdul Basid, 7, asal Dusun Karanganyar, rt 6 Rw 3 Desa Karangsari, Kecamatan Sempu. Dia mengalami pembesaran kepala sejak usia dua bulan. Kemarin siang, karena kondisinya kurang  membaik, putra kedua pasangan suami istri Akhmad Safii,41 dan Nur Hidayani, 40, akhirnya dirujuk ke RSUD Blambangan,  oleh pihak Puskesmas Karangsari.

Selain kedua orang tuanya, Camat Sempu, Drs. Holid Iskandar, Kepala Puskesmas Karangsari, dr. Indah dan perangkat Desa Karangsari, juga turut mengantar Virgian ke RSUD Blambangan. Bidan Desa Karangsari, Yayuk NAJ,  Amd. Keb mengatakan, kelainan pada Virgian sudah nampak pada saat yang bersangkutan berusia sekitar dua bulan.

“Lima bulan kemudian, ukuran kepalanya semakin membesar hingga kini,” tuturnya. Orang tua Virgian, lanjut Yayuk, merasa malu dengan kondisi Virgian tersebut, dan jarang membawa ke posyandu. Sehingga pihak puskesmas yang secara rutin mendatangi pasien untuk memantau perkembangan kelaian tersebut.

Sementara itu, Nur Hidayani, menuturkan, pada tahun 2011, ada donatur dari Australia yang terketuk hatinya untuk membantu pengobatan Virgian. Waktu itu, anaknya dibawa berobat ke RS St.  Elisabeth, Semarang. Dari hasil pemeriksaan dokter ahli yang berada RS St. Elisabeth, tutur Nur  Hidayani, diketahui bahwa kelainan yang diderita oleh Virgian tidak dapat ditangani lebih lanjut.

Akhirnya kedua orang tua Virgian membawa pulang kembali ke Banyuwangi. Kemarin, dr. Toto Hermanto, dari Puskesmas Karangsari, mengadakan kunjungan ke rumah Virgian dan melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, dr.  Toto, menyarankan kepada orang tuanya untuk segera merujuk ke RSUD Blambangan Banyuwangi. “Karena kondisi Virgian sangat lemah dan sulit untuk bergerak karena kepalanya membesar,” ujarnya.

Kedua orang tua Virgian bersedia membawa anaknya untuk dirujuk ke RSUD Blambangan, dengan harapan anaknya bisa sehat sebagaimana mestinya. Virgian dirujuk menggunakan ambulan  Puskesmas Karangsari. Camat Sempu, Kepala Desa Karangsari, Kepala Puskesmas Karangsari dan perangkat Desa Karangsari juga ikut mendampingi  keluarga Virgian pada saat dirujuk ke rumah sakit, dengan harapan dapat  memberi bantuan moril kepada kedua  orang tuanya. (radar)

Loading...

Baca Juga :