Kereta Mutiara Timur Kembali Beroperasi dari Banyuwangi

0
135

Kereta Api (KA) Mutiara Timur dengan rute Ketapang Banyuwangi – Yogyakarta (PP) kembali beroperasi melayani penumpang pada akhir pekan ini dengan jadwal 19, 20 dan 21 Maret 2021.

“KA Mutiara Timur beroperasi kembali pada akhir pekan, sehingga masyarakat bisa menikmati perjalanan kereta dengan rute Stasiun Ketapang, Banyuwangi – Yogyakarta atau sebaliknya,” kata Pelaksana harian Manajer Humas PT KAI Daop 9 Radhitya Mardika Putra di Jember, Senin, 15 Maret 2021.

Menurutnya, KA Mutiara Timur hadir dengan kelas ekonomi, premium, dan eksekutif, sehingga jadwal keberangkatan bisa dilihat melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan aplikasi daring lainnya, dilansir dari Antara.

“Kami masih terus melakukan evaluasi terhadap perjalanan kereta tersebut selama pandemi. Apakah peminatnya cukup, cukup tinggi, atau justru menurun yang akan menjadi evaluasi untuk perjalanan bulan berikutnya,” tutur Radhitya.

Ia mengatakan seluruh perjalanan KA menerapkan protokol pencegahan COVID-19, sehingga para penumpang juga harus mematuhi hal tersebut sesuai ketentuan yang diterapkan pihak PT KAI.

“Calon penumpang juga harus memiliki dokumen kesehatan seperti rapid antigen atau GeNose dengan harga terjangkau yakni Rp20 ribu yang disediakan di dua stasiun wilayah Daop Jember,” katanya.

Radhitya menjelaskan pihaknya menyiapkan pelayanan pemeriksaan pendeteksi COVID-19 melalui embusan napas (GeNose C19) untuk penapisan atau screening bagi para penumpang kereta api di dua stasiun, yakni Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang.

“Hadirnya layanan pemeriksaan GeNose C19 itu merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi penumpang kereta api dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api jarak jauh,” ujarnya.

KAI Daop 9 Jember memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 dengan banyak pilihan kereta sejak 10 Februari 2021 dengan perubahan jadwal, penambahan kereta, dan perpanjangan rute.

Baca :
Nasib Naas, Pria Asal Cluring Meninggal Dunia Saat Hendak Nyalip Truk Gandeng

KA Mutiara Timur yang rutenya diperpanjang dari Ketapang Banyuwangi – Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Ketapang pada pukul 17.30 WIB, sebelumnya perjalanan KA Mutiara Timur rutenya Ketapang-Surabaya.

Kemudian ada tambahan tiga KA komuter dengan relasi Pasuruan-Surabaya Kota yang berangkat dari Stasiun Pasuruan pukul 05.35 WIB, kemudian pukul 15.10 WIB, dan pukul 21.10 WIB.

Sumber : https://surabaya.liputan6.com/read/4507169/kereta-mutiara-timur-kembali-beroperasi-dari-banyuwangi-catat-tanggalnya