Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Kolektor Keris Banyuwangi Miliki 300 Buah Keris Beraroma Mistik

Fakhru Dian Amsyak Sani dengan keris koleksinya (Foto: seblang.com)

SEBLANG.COM – Berawal dari peninggalan sepasang keris milik kakek-neneknya, lelaki di Banyuwangi kini miliki koleksi ratusan jenis keris yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Hal ini ia lakukan tak lain untuk nguri-nguri budaya atau melestarikan budaya nenek moyang.

“Untuk nguri-nguri budaya saya, lagian ada peninggalan kakek dan nenek,” ujar Fakhru Dian Amsyak Sani, kolektor keris, Sabtu 19/02/2022.

Dari keris peninggalan tersebut ia dan kawannya memulai mencari keris dengan cara menarik benda pusaka tersebut yang dimulai sejak tahun 2010 silam, dan benda yang ditariknya seperti batu, tombak, serta benda pusaka lainnya.

(Foto: seblang.com)

Fakhru, lelaki tinggal di lingkungan Kelurahan Sobo Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Di ruangan 4X4 meter tersebut ia menyimpan 300 koleksi keris dan benda antik lainnya.

“Awalnya diberi kakek, terus saya jadi hobi. Jadi juga terkadang narik keris di beberapa tempat oleh kawan saya, kadang juga gak dapat keris , kadang batu atau tombak,” jelasnya.

Menurut penjelasanya keris-keris miliknya berasal dari berbagai daerah seperti Madura, Bali, Bandung, Lombok, dan Aceh.

Namun keris yang paling banyak didominasi dari Kabupaten Banyuwangi. Dari sekian ratus keris, ia mengatakan ada beberapa keris yang memiliki keistimewaan paling tinggi yakni nogo sossro yang menurut ya menjadi pegangan oleh raja dan putri kerajaan.

Meski banyak kerisnya menyimpan aura mistik namun dirinya mengatakan semua tergantung dari kepercayaan masing-masing orang. Dan ia mengaku juga mengaku menjual koleksi miliknya bagi yang memiliki minat.

“Kalau masalah mistik semua benda ada tergantung kita menyikapi hal tersebut,” tambahnya.

Sumber : https://seblang.com/2022/02/20/kolektor-keris-banyuwangi-miliki-300-buah-keris-beraroma-mistik/

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE