Lahan Satu Hektare Hasilkan 24 Kuintal Kedelai

0
335

lahanSetelah sukses meraih penghargaan gabungan kelompok tani (gapoktan) berprestasi tingkat nasional, Banyuwangi kembali mendapat kesempatan mewakili Jatim dalam lomba kelompok tani kedelai tingkat nasional. Kelompok tani kedelai yang terpilih menjadi duta Jatim dalam ajang nasional itu adalah kelompok tani ”Semanggi” Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SEMANGI” merupakan kelompok tani kedelai terbaik tingkat Jatim. Dalam ajang lomba agribinis kedelai tingkat Jatim pada2012 lalu, kelompok tersebut berhasil menjadi juara satu. Karena berprestasi itu, Pemprov Jatim menunjuk Banyuwangi sebagai wakil Jatim pada lomba agribisnis kedelai tingkat nasional. Dua anggota tim penilai dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI kemarin (22/8) mengunjungi kelompok tani “Semanggi” untuk melihat langsung kondisi dan operasional kelompok tani itu.

Loading...

Tim dari Kementan dan Pemprov Jatim sempat kagum dengan pola kerja yang diterapkan kelompok tani “Semanggi”. Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (PKP) Ikrori Hudanto mengatakan, Banyuwangi memiliki banyak kelompok tani kedelai. Hanya saja, yang terpilih mewakili Jatim pada lomba tingkat nasional hanya kelompok tani kedelai “Semanggi”. Kelompok tersebut, kata Ikrori, memiliki banyak keunggulan dibandingkan kelompok kedelai lain.

Beberapa keunggulan kelompok tani yang memiliki 74 anggota itu adalah memiliki produktivitas yang cukup tinggi. Dalam satu hektare, ungkap Ikrori, kelompok tani kedelai “Semanggi” memiliki produktivitas mencapai 24 kuintal. Saat ini, kelompok tersebut memiliki luas lahan 40 hektare. Dalam setiap kali panen, kelompok tersebut mampu memproduksi kedelai hingga 960 kuintal.

Selain memiliki produktivitas tinggi, kelompok tersebut juga memiliki relasi dan kemitraan dengan produsen benih, industri susu kedelai, dan pengusaha tahu tempe untuk memasarkan hasil produksinya. Ikrori mengaku optimistis duta Banyuwangi akan berhasil mengalahkan duta provinsi lain. Optimisme itu muncul karena kelompok tani kedelai ”Semanggi” memiliki keunggulan plus dibandingpeserta lain. (radar)

Loading...

[AWPCPRANDOMLISTINGS limit=1]
Baca :
Penerbangan Rute Banyuwangi-Yogyakarta Segera Dibuka