Larung Jenang Sapar di Pantai Wonosari

0
938

larung-jenang-sapar-di-pantai-wonosari

BANYUWANGI – Tradisi Rebo Pungkasan digelar di sejumlah tempat di Banyuwangi. Di Pantai Wonosari, Kelurahan Sobo, masyarakat  setempat menggekar larung seribu jenang sapar. Ritual yang digelar pukul 14.00 itu disaksikan ratusan pengunjung dari penjuru kota Banyuwangi.

Sebelum jenang sapar dilarung, para pengiring berjalan kaki sejauh 500 meter menuju pantai. Iring-iringan itu dimeriahkan kesenian barong. Barisan tulik mengusung jenang sapar, sedangkan barisan jebeng membawa jenang putih. “Tradisi Rebo Pungkasan ini kita kemas dengan memadukan  tradisi leluhur dan religi. Ritual  ini kita gelar tiap tahun. Tahun ini kita rancang lebih meriah  karena untuk mengenalkan  tempat wisata Pantai Wonosari,’’  ujar ketua Panitia Rebo Pungkasan Kelurahan Sobo, Ahmad Tamami.

Sesampai di bibir pantai, seribu jenang sapar langsung dilarung ke laut. Sebelum dilarung, Lurah  Sobo, Mofid dan istrinya disiram air kembang oleh Camat Banyuwangi Edy Supriyono disaksikan pejabat Muspika. Detik-detik pelarungan jenang sapar dan  jenang putih dilan tumkan bacaandoa agar semua yang hadir  diberi  keselamatan.

Loading...

“Kegiatan ini untuk  melestarikan budaya leluhur.  Kita juga ingin kenalkan kepada publik bahwa Pantai Wonosari layak untuk dijadikan destinasi  wisata,’’ kata Tamami. Tradisi Rebo Pungkasan juga berlangsung di Pantai Waru Doyong, Kelurahan Bulusan,  Kecamatan Kalipuro.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Kodim 0825 Banyuwangi Tanam 25 Ribu Pohon di Pantai Bomo