Lonjakan Arus Balik mulai Hari Ini

0
306
DARI BALI: Kendaraan keluar dari feri di Pelabuhan Ketapang sore kemarin.
DARI BALI: Kendaraan keluar dari feri di Pelabuhan Ketapang sore kemarin.
DARI BALI: Kendaraan keluar dari feri di Pelabuhan Ketapang sore kemarin.

KALIPURO – Lonjakan arus ba lik liburan Natal dan Tahun Baru 2013 belum terjadi kemarin (1/1). Aktivitas penyeberangan Ketapang-Gilimanuk relatif sepi sepanjang hari kemarin. Aktivitas penyeberangan masih didominasi kendaraan penyuplai sejumlah kebutuhan po kok dan angkutan bus reguler.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Itu terlihat pada penyeberangan menuju Bali dan sebaliknya. Kendaraan wisatawan dari Bali masih banyak yang belum kembali ke Jawa. Berdasar data angkutan Natal dan Tahun Baru 2013 di PT ASDP Indonesia Ferry (IF) Ketapang, jumlah penumpang pejalan kaki selama liburan kali ini tercatat sekitar 299.974 orang dan penumpang kendaraan roda dua (R2) mencapai 22.767 unit.

Loading...

Sementara itu, penumpang kendaraan roda empat (R4) mencapai 42.035 unit. “Itu terhitung mulai 22 hingga 31 Desember 2012,” ujar Pemimpin Cabang PT IF Ketapang, Waspada Heruwanto, melalui Manager Operasional, Saharuddin Koto. Sebagian besar penumpang liburan Natal dan tahun baru  2013, ungkap Saharuddin, masih berada di Pulau Bali. Mereka masih menuntaskan liburan di  Pulau Dewata. Saharuddin memprediksi, lonjakan arus balik akan terjadi hari ini (2/1).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, arus balik wisatawan  terjadi pada dini hari mulai pukul 01.00 hingga pukul 06.00.Fenomena arus balik ini sama seperti yang terjadi menjelang Natal lalu. Lonjakan terjadi mulai dini hari hingga pagi. Lonjakan itu menyebabkan antrean hingga siang dan bahkan sampai sore. Pada arus balik, antrean kendaraan penumpang akan terjadi di Pelabuhan  Gilimanuk.

Pada hari pertama tahun 2013, aktivitas penyeberangan angkutan barang juga mengalami  penurunan. Pelabuhan landing craft machine (LCM) yang biasanya ramai aktivitas penyeberangan kendaraan barang, pagi hingga sore kemarin masih sepi. Pengusaha angkutan barang tampaknya masih memberikan kesempatan kepada para karyawan untuk menikmati libur tahun baru 2013. Aktivitas penyeberangan barang diprediksi akan menggeliat lagi mulai minggu kedua Januari 2013 ini. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2