Manasik Masal jelang Berangkat

0
152

manasikBANYUWANGI – Sebanyak 1.068 rombongan calon jamaah haji (CJH) Banyuwangi mengikuti praktik manasik haji masal di lapangan atletik GOR Tawang Alun, Banyuwangi, kemarin (21/8). Walaupun cuaca terik, para CJH tampak semangat memperhatikan rangkaian kegiatan manasik haji masal yang dipandu pembimbing. Walaupun dianjurkan menggunakan pakaian ihram, masih ada CJH yang mengenakan pakaian bebas. “Praktik berjalan lancar.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hanya sedikit kesulitan bagi jamaah yang berusia lanjut dan sakit. Namun, hal itu bisa diatasi dengan bantuan keluarga masing-masing,” jelas Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi, H. Mukhlis. Menurut Mukhlis, Kemenag Banyuwangi menyiapkan lapangan dan replika bangunan penting demi kelancaran manasik haji. Ada replika Kakbah yang diletakkan di tengah lapangan atletik.  

Ada pula tiga tong bertulisan nama masing-masing jamarat, sebagai penanda lokasi melempar jumrah. Mukhlis menambahkan, manasik masal itu merupakan latihan terakhir. Sebelumnya, seluruh CJH telah dibekali materi secara teori di masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) atau di masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA). Walaupun mayoritas jamaah tidak pernah melaksanakan haji, dia optimistis sekitar 75 persen CJH sudah menguasai praktik manasik haji.

Manasik masal itu sebagai pemantapan agar lebih sempurna. Para CJH dibekali praktik rukun haji dan bimbingan dalam menjalankan ibadah haji. Selain itu, ada juga pembekalan pengetahuan dan wawasan dengan segala materi dan praktik manasik haji. Rencananya, Kemenag akan menggelar pemantapan ketua regu dan rombongan di aula kantor Kemenag Banyuwangi hari ini. Pemantapan itu akan dihadiri staf Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur. “Ketua regu dan rombongan akan diberi arahan mengenai tugas dan tanggung jawab selama di lapangan,” ujar Mukhlis. (radar)

Loading...