Beranda Sosial Marak Pengiriman Janur ke Bali, Produktivitas Kelapa Turun 78 %

Marak Pengiriman Janur ke Bali, Produktivitas Kelapa Turun 78 %

0
2012
Aksi maling janur menjelang ditangkap warga Desa Tambong, Kecamatan Kabat, Banyuwangi

POPOLASI kelapa dl Banyuwangi di ambang kehancuran. Memang, dari sisi luas lahan, area lamunan kelapa di Bumi Blambangan tidak mengalami penurunan berarti dalam kurun beberapa tahun terakhir. Namun, pada periode yang sama jumlah produksi buah kelapa Bumi Blambangan terjun bebas.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Data Dinas Pertanian Banyuwangi menyebutkan, luas area tanaman kelapa, khususnya tanaman yang dibudi daya untuk produksi buah kelapa dan atau kopra pada tahun 2011 mencapai 23.550 Hektare (Ha) dan tersebar di seantero Bumi Blambangan. Sedangkan jumlah produksi buah kelapa di tahun tersebut tembus hingga 128.517.

Selang lima tahun kemudian, tepatnya pada 2016 luas area tanaman kelapa di kabupaten berjuluk The Sunrise off java, ini turun tipis, yakni sebesar 349 Ha atau setara 1,48 persen sehingga menjadi 23.201 Ha.

Berbeda dengan luas area tanaman kelapa yang mengalami sedikit penuruna, jumlah poduksi buah kelapa di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini merosot tajam hingga sebesar 100.759 ton (78,62 persen) menjadi “hanya” sebesar 27.398 ton.

Diakui atau tidak, komersialisasi janur alias daun kelapa muda menjadi penyebab utama penurunan produktivitas kelapa di Banyuwangi. Sebab, setiap satu tanda janur yang diambil, maka secara otomatis satu janjang atau satu tangkai bakal bunga kelapa akan ikut terpotong.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

Loading...

error: Uppss.......!