Menteri Semburkan Uang Receh dan Beras Kuning

0
2009
Arak-arakan Barong Ider Bumi berjalan mengelilingi jalan Desa kemiren, Kecamatan Glagah.

GLAGAH – Ritual upacara adat arak-arakan barong ider bumi dilaksanakan warga Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi kemarin (26/6). Acara tahunan yang di gelar rutin setiap dua Syawal di bulan hijriah itu berlangsung semarak dengan dihadiri menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dan penyanyi dangdut asal Banyuwangi, Danang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Menpar Arief Yahya dan istri didampingi Bupati Abdullah Azwar Anas memberangkatkan pawai barong ider bumi. Mereka memberangkatkan pawai dengan ditandai pelepasan burung merpati putih dan penarikan ketupat secara bersama-sama.

Peserta pawai barong ider bumi yang sudah bersiap langsung berangkat dari gerbang masuk Desa Kemiren ke arah barat menuju tempat mangku barong sejauh dua kilometer. Sembari berjalan, dua orang warga di barisan terdepan memegang bokor berisi uang koin receh yang dicampur beras kuning dan bunga. Uang itu dilemparkan (disembur) ke arah penonton.

Tak pelak, sejumlah penonton saling berebut untuk mendapatkan uang koin tersebut. Warga yang sudah berjajar di sepanjang jalan desa menunggu peserta arak-arakan barong ider bumi langsung saling berebut begitu uang receh bercampur beras kuning disemburkan (dilemparkan).

Suasana semakin riuh tatkala, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Anas kompak ikut sembur othik dengan melemparkan uang receh bercampur beras kuning dan bunga kenanga itu kepada warga yang sudah berjajar.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

Baca :
Areal Pasar Hewan di Glenmore Dilalap Si Jago Merah