Gelar Barong Ider Bumi Sesuai Protokol Covid-19

0
160
Foto: Jawaposcom

BANYUWANGI – Tidak ada pembatasan jalan, tidak ada larangan kendaraan melintas. Begitulah sekilas gambaran Desa Kemiren tepat saat perayaan Barong Ider Bumi yang berlangsung sehari setelah Hari Raya Idul Fitri, Senin (25/5/2020) kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, biasanya sejak lepas azan Duhur, petugas dari Linmas dan Satpol PP sudah menyeleksi siapa-siapa yang akan melintas ke wilayah Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. 

Loading...

Tapi kemarin, pemandangan itu tak ada. Bahkan sebagian besar orang mungkin tak mengira jika tahun ini yang bertepatan dengan pandemi korona, ritual barong ider bumi masih digelar.

Kenyataanya, para warga adat Kemiren tampak siaga tak jauh dari gapura pintu masuk Desa Kemiren. Selepas azan Asar, petugas dari tim Covid-19 Desa Kemiren dengan pakaian hazmat langsung mengamankan jalan.

Tahun ini pelaksanaan Ider Bumi benar-benar sederhana. Masyarakat yang melihat pun tak banyak. Petugas Covid-19 berulangkali mengingatkan warga yang nekat mendekat, sembari menyemprotkan disinfektan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last