Minta Stop Kapal yang Tidak Layak

0
145

mintaBANYUWANGI – Seluruh personel keamanan mengikuti Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2014 di Pelabuhan Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, sore kemarin (21/7). Bupati Abdullah Azwar Anas bersama forum pimpinan daerah (forpimda) sempat mengecek kesiapan pasukan tersebut. Usai melakukan inspeksi, Bupati Abdullah Azwar Anas menyeru Kepala PT. ASDP Indonesia Ferry dan pihak Syahbandar Ketapang agar tidak memberi izin kapal yang tidak layak jalan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Stop izin kapal tak layak itu demi mencegah hal yang tidak diinginkan saat berlayar. Bupati Anas mengharapkan semua personel keamanan benar-benar melakukan pemeriksaan secara detail. Sebab, dengan persiapan yang baik, pelayaran akan lebih lancar. Dia juga berharap TNI, Polri, dan masyarakat, bekerja sama menjaga keamanan selama Lebaran. Usai inspeksi, Bupati Anas meninjau kondisi salah satu kapal laut sebelum menyeberang. 

Loading...

Selain mengecek kursi penumpang, Anas juga meninjau tempat salat yang disediakan di dalam kapal.Usai mengunjungi kapal tersebut, Bupati Anas menyatakan betapa pentingnya pengamanan dan pelayanan di Pelabuhan Ketapang. “Keamanan di Pelabuhan Ketapang menjadi barometer keamanan beberapa daerah sekitar. Karena itu, kita semua harus mempersiapkan agar keadaan tetap aman,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Tri Bisono Soemiharso mengatakan, sekitar 600-an personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Ketupat kali ini. Meski angka kriminalitas cenderung turun dibanding tahun 2012 sampai 2013, pihaknya tetap menempatkan penembak jitu di titik rawan, seperti Jalur Pantura Baluran dan Gunung Gumitir. 

Guna menangani keamanan di kapal laut, Kapolres Tri Bisono mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Polres Jembrana, Bali. Agar situasi di dalam kapal terkendali, Polres Banyuwangi dan Polres Jembrana akan menempatkan personel di tiap kapal. Masing-masing polres menempatkan satu personel di setiap kapal. Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol TNI Mangapul Hutajulu menambahkan, pihaknya akan membantu polisi dalam pengamanan Lebaran. Kodim siap menempatkan personel di pos-pos yang telah ditetapkan.

‘’Kodim hanya melakukan pengamanan teritorial, bukan pengamanan tempur. Kami juga mempersiapkan tim yang dapat digerakkan secara cepat di tempat-tempat yang memiliki eskalasi keamanan berdasar pantauan intelijen. Kita akan mengikuti polres yang memimpin operasi ini,” jelasnya Sementara itu, gelar pasukan pukul 16.00 itu diikuti personel Polres Banyuwangi, Kodim 0825, Lanal Banyuwangi, Dishubkominfo, Satpol PP, dan para relawan. (radar)

Loading...