Musim Hujan, DBD Mengintai

0
982

musim-hujan-dbd-mengintai


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Memasuki musim hujan, masyarakat Banyuwangi diimbau untuk terus waspada akan datangnya penyakit. Salah satu yang paling jadi momok warga adalah penyakit demam berdarah dengue (DBD). Penderita penyakit DBD dipastikan akan  mengalami peningkatan karena populasi  nyamuk yang menyebarkan naik di musim hujan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)  Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan, penyakit DBD ini merupakan penyakit endemis di Banyuwangi. Artinya, penyakit ini sudah hampir pasti setiap tahunnya selalu ada. Karena itu, kata dia, perlu sebuah antisipasi  dini oleh masyarakat agar tubuh tidak mudah terkena nyamuk DBD.

”Musim hujan menyebabkan genangan air, itu yang membuat populasi nyamuk meningkat,” kata lelaki yang akrab disapa dokter Rio itu. Rio menambahkan, Dinkes Banyuwangi  kini sedang gencar-gencarnya menggalakkan sebuah gerakan Ceples Nyamuk (Cukup 60  Detik Lenyapkan Sarang  Nyamuk).

Loading...

Gerakan ini yang diharapkan bisa diimplementasikan oleh  seluruh warga. Gerakan Ceples Nyamuk ini tentu bisa dilakukan warga untuk memberantas sarang nyamuk di  lingkungannya. Kegiatan Ceples Nyamuk ini, kata Rio, bisa dilakukan warga dengan cara 3M plus yakni  menguras, menutup dan mengubur.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2