Nonton Kuda Jingkrak di Boom

0
150

OLEH:
Sekar Syifa Indira Pramaswari
Pelajar Banyuwangi hobi travelling dan fotografi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

LIBURAN sekolah adalah waktu paling menyenangkan bagi saya, karena bisa lepas dari kepenatan aktivitas belajar di sekolah maupun les di luar. Maklum, sekarang saya duduk di kelas VI, sehingga sedang siap-siap menghadapi Ujian Nasional (Unas). Berlibur tidak harus pergi ke tempattempat wisata di luar kota. Kalau saya cukup mengunjungi tempat-tempat santai di sekitar Kota Banyuwangi saja. Seperti Pantai Boom, Banyuwangi.

Biasanya saya bersama teman-teman atau adik-adik jalan-jalan ke situ pada Minggu pagi atau sore. Selain menikmati hawa sejuk laut dan pemandangan selat Bali yang indah, kita bisa menyaksikan atraksi kuda-kuda sewaan. Tiap hari libur sekolah, banyak kuda jinak yang bisa disewa oleh pengunjung. Kita cukup membayar Rp 10.000 saja, untuk sekali naik. Bisa sendirian atau berdua dengan adik. Ada kuda berbadan kecil atau pendek yang biasa disebut keledai.

Loading...

Ada juga kuda bertubuh tinggi besar, seperti kuda balapan. Di sela-sela menunggu pengunjung yang hendak menungganginya, kuda-kuda dengan pelana berhias warna-warni itu dilatih menari. Gerakannya melompat-lompat seperti berjingkrak-jingkrak. Adakalanya kuda yang bertubuh kecil itu disuruh duduk di pasir. Selain disewakan di Pantai Boom, kuda-kuda itu juga sering dipakai menghibur acara tradisi jaran kencak dalam hajatan sunat atau tradisi lainnya. Selain tontonan kuda, ada juga perahu nelayan yang bersiap melaut di perairan Pantai Boom.

Cat perahu yang warnawarni menarik untuk dipotret. Sesekali juga ada jip off road yang melintas di pasir pantai. Kapal-kapal feri nun jauh di perairan Ketapang-Gilimanuk tampak di laut sebelah utara Pantai Boom. Bagi pecinta kuliner bisa menikmati santapan rujak buah khas, es degan, kopi, atau bakso di warung-warung. Ada juga penjual camilan, seperti onde-onde mini, tahu kres, cimol, cilok, cireng, dan lainnya. Anak-anak pasti suka, apalagi ada es krim yang selalu mangkal dengan suara khasnya. Ayo berlibur di Pantai Boom! (radar)

Loading...