Orang Tua Bercerai, Ekonomi Berantakan

0
5923
MASIH ANAK-ANAK: JP dan AH di Mapolsek Purwoharjo.

Aksi dua bocah membobol Toko Emas Sumber Rezeki, Pasar Curah Jati, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo bikin geger warga. Setelah ditelusuri, orang tua kedua bocah itu ternyata sama-sama bermasalah.
-ALI NURFATONI, Purwoharjo-


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KURANG kasih sayang orang tua bisa memicu masalah bagi anak. Minimnya perhatian keluarga terhadap bocah tersebut, bisa juga berakibat sangat fatal. Bila itu dibiarkan, anak tersebut bisa bertingkah melewati batas kewajaran. Bahkan, mereka nekat melakukan tindakan yang merugikan orang lain. Ujung-ujungnya harus berurusan dengan aparat penegak hukum.

Beragam alasan yang menjadikan anak bisa berbuat nekat yang melebihi sikap orang dewasa. Tentu saja, orang tua adalah orang pertama yang harus mengasuh, merawat, dan melakukan pengawasan terhadap anak. Namun, apa daya persoalan orang tua yang tidak karuan, membuat sang anak menjadi nakal. Seperti yang dialami JP,9, asal Dusun Purwosari, Desa Buluangung, Kecamatan Siliragung; dan AH, 14, asal Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo.

Dua bocah tersebut ditangkap polisi gara-gara mencuri perhiasan di toko emas. Keduanya resmi dijadikan tersangka dalam kasus pembobolan toko emas milik Sugiyanto, 45, warga Dusun Dam Buntung, Desa Kedungasri, Kecamatan Purwoharjo beberapa pekan lalu. Selama di sel tahanan mapolsek setempat, nyaris tidak ada yang membedakan dengan anak-anak se-usianya. Justru, kedua bocah tersebut tampak sering guyon di ruang prodeo tersebut. Mereka juga jingkrak-jingkrak sambil bermain perang-perangan. Kedua seakan-akan tidak peduli sedang menginap di mana.

Ya, kedua bocah tersebut memang sejak kecil harus menjalani hidup susah. Desakan ekonomi dan problem keluarga, menjadikan mereka harus hidup penuh keterbatasan. Kasih sayang yang mereka terima, tidak sama dengan orang-orang yang mampu. Bahkan, mereka sering pindah tempat karena mengikuti orang tua.

Baca :
Banyuwangi Sabet Penghargaan Tertinggi untuk Kabupaten Sehat

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last