Panen Durian Banyuwangi Diprediksi Bertahan Hingga Mei

0
1139


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

LICIN – Sesuai perkiraan, panen durian Banyuwangi berlangsung mulai akhir Februari hingga Maret ini. Hal ini dibuktikan dengan melimpahnya buah durian di hampir seluruh wilayah Banyuwangi.

Tak terkecuali Kecamatan Licin. Para pedagang durian yang berada di Desa Segobang mengaku hampir ada panen setiap hari.

Manan, 25, salah satunya. Dia mengatakan untuk penjualan di kiosnya saja, per hari ada sekitar 70 butir durian yang dibeli orang. Rata-rata pembeli datang sendiri ke kiosnya yang berada tidak jauh dari masjid Desa Segobang itu.

“Kalau setiap hari rata-rata lima puluh sampai tujuh puluh butir mampu saya jual di sini. Tidak perlu ke kota, tapi kalau yang ngantar lebih banyak lagi, karena biasanya yang membeli memang mau menjual lagi,” terang pria lulusan SMA itu.

Untuk harga, Manan tetap menggunakan harga butiran yang disesuaikan dengan ukuran buah. Paling murah, Manan menjual seharga Rp 10 ribu dan paling mahal Rp 50 ribu.

Kasi Holtikultura Dinas Pertanian Banyuwangi Eko Mulyanto mengatakan, tahun ini Banyuwangi memang mengalami panen raya durian. Jumlahnya mencapai sepuluh kali lipat dari panen tahun lalu yang banyak mengalami kegagalan.

“Tahun lalu produksi durian hanya 1.193 kuintal. Jumlah itu menyusut dari tahun sebelumnya karena banyaknya bunga durian berguguran. Tapi tahun ini bisa panen raya sampai bulan Juni,” tandasnya.

Loading...