Panen Order, Terkendala Harga Bahan

0
154

KALIPURO – Berkah Ramadan dirasakan betul oleh para pembuat kue kering. Kini, order pesanan jajanan untuk lebaran itu melesat jauh. Bahkan sampai berlipat-lipat. Seperti yang dialami Halilah, produsen jajanan kering musimal asal Desa Kelir, Kecamatan Kalipuro.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Karena banyaknya permintaan tersebut, Halilah dan beberapa karyawannya terpaksa bekerja ekstra untuk memenuhi pesanan konsumen. “Lumayan banyak sihyang pesan. Sejak masuk Ramadan lalu, kami sudah mulai membuat kue dari pagi hingga tengah malam,” tutur Halilah, salah satu pembuat kue musiman di Desa Kelir.

Menurutnya, pesanan kue itu dia terima sejak sebelum Ramadan lalu. Kue kering yang diproduksi Halilah memang khusus untuk menyambut Idul Fitri. Seperti molen, bagiak, ting ting, pastel, dan lain-lain. Untuk memenuhi pesanan konsumen, Halilah mempekerjakan beberapa tetangganya. Mereka diberi upah sesuai hasil jajanan yang diproduksinya.

Loading...

Karena itu, antar karyawan mendapat upah tidak sama. “Tergantung banyaknya jumlah kue yang mereka produksi tiap harinya,” imbuhnya. Yang membuat pihaknya menjerit adalah harga bahan-bahan kue yang tiap hari terus melambung. Bayangkan saja, harga telur yang saat hari pertama Ramadan masih sekitar Rp 10-12 ribu, saat ini sudah naik mencapai Rp 13- 15 ribu.

“Tentu, kenaikan harga ini sangat memberatkan bagi produsen kue kecil-kecilan seperti kami ini,” katanya. Belum lagi harga tepung terigu, minyak goreng, dan gula yang juga terus mengalami kenaikan. Akibat terus melambungnya harga bahan dasar kue itu, Halilah terpaksa menaikkan harga jual kue produksinya.

Meski agak memberatkan, tapi konsumen tetap saja membeli. “Mungkin karena untuk kebutuhan lebaran. Kan harus ada kue di meja. Maka orang-orang tetap membeli,” kata Halilah. Selain melayani pesanan, kue produksi Halilah juga dipasarkan di kalangan tetangga sekitar. Ada juga yang dititipkan di toko-toko terdekat. “Lumayanlah hasilnya buat lebaran,” pungkasnya.(radar)

Loading...