Pantai Plengkung, Most Popular Surfing Spot

0
600

pantai-plengkung-dinobatkan-sebagai-lokasi-surfing-terpopuler


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Banyuwangi kian menancapkan dominasi di “pentas” pariwisata nasional. Kali ini, Banyuwangi sukses menyabet penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016  dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Dalam Anugerah Pesona Indonesia  tahun ini, salah satu destinasi wisata  andalan Bumi Blambangan, yakni Pantai Plengkung masuk dalam jajaran tempat berselancar terpopuler  (most popular surfing spot).

Pantai yang juga dikenal dengan sebutan G-land tersebut bersanding dengan Pantai Nemberela, Rote Ndoa, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa  Lembongan, Klungkung Bali. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya kepada Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Banyuwangi Slamet Kariyono.

Penyerahan penghargaan  dilakukan di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta, Jumat (16/9). “Kami gembira G-Land masuk dalam most popular surfing spot di Indonesia karena ini menunjukkan kualitas wisata pantai di Banyuwangi. Kami berharap penghargaan  ini akan menjadi jembatan untuk  mem promosikan destinasi wisata  lain yang ada di Banyuwangi,  dan menarik lebih banyak wisatawan,” ujar Slamet.

Pantai Plengkung Banyuwangi berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Lokasinya terletak di sebelah tenggara Banyuwangi, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai yang dikenal dengan nama G-Land, merupakan salah satu tempat  favorit para peselancar dunia.

Huruf  “G” pada nama pantai memiliki arti, yakni “Grajagan”, nama sebuah  teluk berlokasi persis di sebelah barat pantai tersebut.  Dahsyatnya ombak di Pantai  Plengkung Banyuwangi membuatnya masuk ke dalam jajaran “The Seven Giant Waves Wonder” sebagai salah satu yang terbesar  di dunia.

Ketinggian ombak dapat mencapai hingga 4-6 meter. Inilah mengapa para peselancar profesional memiliki ketertarikan tinggi untuk menaklukkan ombak Pantai Plengkung. Ombak paling besar biasanya muncul di bulan Juni, Juli, serta November.

Dalam bulan tersebut, ketinggian ombak dapat mencapai hingga 6 meter. Di bulan ini, pantai ini pasti ramai dikunjungi para peselancar. (radar)

Loading...

Baca Juga :