PDIP Siap Pertahankan Kemenangan

0
157

BANYUWANGI – Sebagai pemenang Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2009, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertekad kembali menjadi kampiun pada pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun depan. 12 kursi DPRD Banyuwangi yang saat ini diduduki politikus partai berlambang banteng moncong putih, itu pun ditargetkan tetap dalam genggaman PDIP. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko mengatakan, 12 kursi di DPRD Banyuwangi “hanya” menjadi target minimal PDIP pada Pileg 2014 mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Target kami minimal suara PDIP tetap. Karena apa? Ketika PDIP belum memasang iklan, partai ini sudah banyak pemilihnya. Tetapi ada partai lain yang memasang iklan dulu, baru ada pemilihnya,” ujarnya saat mengantarkan daftar caleg sementara (DCS) PDIP ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi kemarin (22/4). Menurut Yusuf, penyerahan DCS PDIP dilakukan menjelang akhir masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pukul 16.00 kemarin.

“Pendaftaran sengaja kami lakukan menjelang akhir masa pendaftaran DCS, dengan maksud agar PDIP menjadi yang pertama dalam pemilu 2014, dalam artian memperoleh suara terbanyak,” kata pria yang juga menjabat Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi tersebut. Yusuf memaparkan, komposisi bakal calon legislatif (bacaleg) PDIP Banyuwangi mencapai 50 orang. Rinciannya, sebelas bacaleg ditempatkan di Daerah Pemilihan (Dapil) I, delapan bacaleg di Dapil II, sebelas bacaleg di Dapil III, dan masing-masing sembilan bacaleg di Dapil IV dan V.

Loading...

“Kuota perempuan kita sudah memenuhi persyaratan minimal 30 persen. Rinciannya, empat bacaleg perempuan di Dapil I, tiga perempuan di Dapil II, empat perempuan di Dapil III, tiga perempuan di Dapil IV, dan tiga bacaleg perempuan di Dapil V,” paparnya. Selama ini, lumbung suara PDIP terdapat di Dapil III dan dapil IV Banyuwangi. Untuk semakin memperbesar perolehan suara PDIP, imbuh Yusuf, pihaknya akan mengoptimalkan perolehan suara di Dapil I, Dapil II, dan Dapil V. “Caranya, kita menempatkan caleg potensial di Dapil I, Dapil II, dan Dapil V tersebut,” ujarnya.

Ditanya saingan terberat untuk memenangkan Pemilu 2014? Yusuf menjawab diplomatis. Menurut dia, bagi PDIP tidak ada satu pun partai yang menjadi saingan terberat. “Semua partai sama. Yang penting PDIP terus bekerja untuk rakyat dan rakyat pasti akan memilih PDIP,” terangnya. Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Banyuwangi, Eko Sukartono menegaskan, PDIP wajib mempertahankan kemenangan di Banyuwangi. Dengan demikian, posisi strategis di eksekutif dan legislatif, di antaranya wabup dan Ketua DPRD Banyuwangi, tetap berada dalam genggaman PDIP.

Masih menurut Eko, dengan menempatkan kader di posisi strategis tersebut, langkah PDIP dalam memperjuangkan kesejahteraan rakyat akan berjalan optimal. “Selain itu, kami bertekad terus memperjuangkan pembangunan yang merata, dan mempertahankan pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat tertinggal sehingga mereka terlayani dengan baik,” pungkas politikus gaek tersebut. (radar)

Loading...