Pemkab Serius Garap Pulau Santen

1
527


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi akan serius menggarap Pulau Santen. Bukti keseriusan itu ditunjukkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dengan melakukan tinjau lapang ke kawasan wisata yang terletak di Lingkungan  Karanganom, Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi,  itu Selasa lalu (21/2).

Kawasan Pulau Santen yang merupakan  aset milik TNI AD tersebut kini masih belum  dikelola dengan baik sebagai destinasi wisata di Banyuwangi. Selain belum tertata, kawasan  itu masih tampak kotor dan kumuh. Begitu  sampai, bupati bersama rombongan berjalan  kaki menyeberangi jembatan, berjalan di  sepanjang pantai, sambil melihat potensi yang ada.

Sesekali berhenti dan berdiskusi kecil dengan para staf di tepi pantai. Anas berkomitmen akan segera melakukan perubahan besar-besaran di kawasan tepi pantai  yang banyak ditumbuhi pohon  santen tersebut, “Akhir bulan ini target kami kawasan Pulau Santen  harus bersih,” ungkapnya.

Bersih-bersih Pulau Santen tersebut akan dilakukan segera dengan menyinergikan jajaran Kodim 0825 Banyuwangi. Jika kawasan sepanjang pantai dan permukiman warga sudah mulai bersih, pemkab akan segera melakukan perbaikan dengan  menggelontorkan anggaran.

“Dalam waktu tiga bulan ini kami  targetkan ada perubahan besar di Pulau Santen ini,” jelas Anas. Selain akan dijadikan destinasi  wisata baru di Banyuwangi, masyarakat yang berada di kawasan Pulau Santen juga akan segera diberi pelatihan, di antaranya  pelatihan bahasa asing, seperti  bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, para ibu  rumah tangga yang tinggal dan menetap juga akan diedukasi serta diberi pelatihan keterampilan sesuai keinginan dan kemampuan warga. Harapannya, masyarakat yang tinggal di Pulau Santen bisa meraup penghasilan dari  pengem bangan wisata di  kawasan tersebut.

Apalagi, saat musim paceklik ikan saat ini perahu nelayan yang tidak  beroperasi bisa digunakan untuk  mengangkut penumpang perahu wisata. “Sementara kita juga akan persiapkan seluruh fasilitas umum  dan fasilitas sosial, seperti tempat  ibadah, toilet, dan berbagai sarana pendukung lain,” terang Anas.

Pihaknya menargetkan Lebaran  tahun ini Pulau Santen akan menjadi destinasi wisata baru  di kawasan kota selain Pantai  Boom. Dandim 0825 Banyuwangi,  Letkol (Inf) Robby Bulan, menyambut baik dan sangat mendukung langkah Pemkab  Banyuwangi pengembangan wisata di kawasan Pulau Santen  yang merupakan aset milik TNI  AD tersebut.

Dengan dijadikan destinasi tempat wisata tersebut, Dandim mengaku bersyukur karena aset milik TNI itu akan lebih terawat. Di sisi lain juga  bisa jadi tambahan pemasukan bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Santen. (radar)

Loading...