Bangkit dari Kematian, Wisata Air Terjun Kalongan Banyuwangi Sudah Bisa Dikunjungi

  • Bagikan
Proses perbaikan dan pembersihan wisata Kalongan Banyuwangi. FOTO : timesindonesia.co.id

Sekitar 20 tahun sudah wisata air terjun Kalongan mengalami kematian. Destinasi yang memiliki air terjun indah di Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur ini, sedang berproses dibangkitkan kembali oleh kelompok sadar wisata sekitar.

Proses kebangkitan ini ditargetkan selesai sebelum lebaran. Artinya, saat libur lebaran, masyarakat Banyuwangi bisa melakukan nostalgia di wisata tersebut.

ntuk diketahui, wisata ini dulunya merupakan primadona di Banyuwangi. Setara dengan wisata Pulau Merah, Air Terjun Kalongan merupakan jawara di Banyuwangi wilayah utara. Khususnya di generasi tahun 1990 hingga 1999.

Penduduk Desa Pesucen, kompak bergotong royong untuk menghidupkan kembali kejayaan wisata ini. Sejumlah upaya membangkitkan ulang pun dilakukan. Mulai dari membersihkan ilalang, normalisasi lumpur dan membersihkan sampah pepohonan.

Masing-masing penduduk dari tiap RT membuat grup kerja bakti. Secara bergiliran, tiap-tiap grup melakukan gotong royong membersihkan lokasi wisata.

“Setiap hari warga secara bergantian kerja bakti membersihkan lokasi sedikit demi sedikit,” kata Hujaini, salah satu warga setempat, Jumat (30/4/2021).

Kepala Desa Pesucen, Maksum, mengatakan, di Desa Pesucen total ada 22 RT. Setiap hari masing-masing warga dari setiap RT bergotong-royong membersihkan wisata Kalongan Indah secara bergantian.

Menurutnya, warga sangat bersemangat untuk menghidupkan kembali wisata Kalongan Indah dengan harapan bisa membantu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Jika wisata ini berkembang, nantinya para pelaku UMKM sekitar akan dilibatkan untuk memasarkan produk-produknya.

“Nanti akan kita dirikan warung-warung untuk tempat UMKM berjualan. Kita berharap ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Pesucen ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, jika pada era kejayaannya wisata alam Kalongan Indah hanya menyuguhkan keindahan air terjun Kalongan, nantinya akan dilengkapi dengan keindahan embung yang cukup luas dengan air jernih yang sangat dingin dan segar.

Lengkap dengan wahana water sport-nya. “Rencananya masyarakat nanti akan membangun wahana water sport di wisata Kalongan Banyuwangi itu,” kata Hujaini. (*)

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/344750/bangkit-dari-kematian-wisata-air-terjun-kalongan-banyuwangi-sudah-bisa-dikunjungi

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: