Pencurian Sapi Marak di Rogojampi

0
641
misbah-kanan-menunjukkan-kandang-sapi-miliknya-yang-kosong-di-dusun-jagalan-desa-kecamatan-rogojampi-banyuwangi-kemarin
Misbah (kanan) menunjukkan kandang sapi miliknya yang kosong di Dusun Jagalan, Desa/Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, kemarin (22/9).

ROGOJAMPI – Aksi pencurian ternak sapi mulai marak terjadi di wilayah Kecamatan Rogojampi. Seekor sapi peranakan jenis Siemental milik Misbah, 66, asal Dusun Jagalan, RT 1, RW, 3, Desa/ Kecamatan Rogojampi, hilang dicuri maling, Rabu dini hari (21/9).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hilangnya sapi itu kali pertama di ketahui oleh Tutik, 36, salah satu anak Misbah yang terbangun pada  pukul 00.05. Saat itu, Tutik melihat sapi milik ayahnya itu tidak ada di dalam kandang. Saat itu juga, Tutik membangunkan suami dan ayahnya.

Loading...

“Biasanya kalau pagi sapinya bersuara minta diberi pakan,” ujar Tutik.  Di sekitar kandang sapi miliknya, ada jejak kaki sapi dan orang. Jejak itu sangat terlihat jelas karena di  daerah itu baru diguyur hujan deras. “Jalannya memang becek, jadi terlihat ada bekas injakan kaki sapi dan  kaki manusia,” cetus Misbah.

Dari jejak kaki itu, terang dia, sapi miliknya dibawa oleh maling ke arah timur melewati kebun ilalang yang cukup rimbun. Diduga, maling sudah mempelajari medan di sekitar lokasi kandang. Dugaan  itu diperkuat, dari keterangan warga yang sempat melihat pada pukul 02.00 ada mobil pikap parker di tepi jalan raya menuju Pancoran.

“Sapi itu sudah berumur setahun lebih, kalau dijual ya laku Rp 15 juta,” ungkapnya. Ada berita sapi hilang, Sekretaris Desa Rogojampi, Suwari, dan Kepala Dusun Jagalan, Winarto langsung mendatangi lokasi.

Peristiwa pencurian ternak itu, di daerah itu bukan kali ini saja terjadi. Sebulan lalu, dua ekor sapi milik  Saini dan Heri juga disikat maling. “Pencurian ternak sedang marak, sebagian besar kandangnya berada di sekitar kebun,” ujar Winarto.

Kapolsek Rogojampi, Kompol Toha Choiri mengatakan, akan mengerahkan personelnya untuk mengejar sindikat pencurian sapi  tersebut. Dia juga berharap warga yang merasa curiga atau pun  mengalami kejadian serupa, untuk segera melaporkan ke polsek.

“Saya minta warga yang pernah kehilangan ternak sapi segera melapor ke polsek,” katanya.(radar)

Loading...

Baca Juga :