Penumpang Mengalir, Didominasi Roda Dua

0
296

pasca-nyepiKALIPURO – Kepadatan kendaraan menuju Pulau Bali pasca libur Hari Raya Nyepi masih terjadi di Pelabuhan ASDP Ketapang Rabu (25/3) kemarin. Kendaraan roda dua mendominasi kendaraan yang mengantre menuju Pulau Bali tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi siang kemarin, antrean kendaraan yang hendak menuju Pulau Bali terpantau ramai lancar. Kendaraan roda dua memang mendominasi pemudik yang mengantre di Pelabuhan ASDP Ketapang tersebut.

Tidak sedikit juga mobil pribadi yang mengantre di pelabuhan. Namun, jumlahnya kalah banyak dengan kendaraan roda dua. Pemudik yang kemarin mengalir ke Bali itu adalah para pemudik yang memilih balik lebih akhir demi menghindari macet.

Selain itu, ada juga yang memilih kembali ke Bali kemarin karena mereka sudah harus masuk kerja hari ini. ”Besok (hari ini) sudah mulai masuk kerja,” kata Ute Utami, 29, pengendara roda dua asal Kecamatan Srono yang hendak menuju Bali.

Manajer Operasional PT. Indonesia Ferry (IF) ASDP Ketapang, Saharuddin Koto, membenarkan bahwa sampai saat ini masih banyak kendaraan yang mengalir ke Bali. Sebab, menurut dia, banyak pemudik yang harus masuk kerja hari ini.

“Kendaraan memang masih mengalir sejak pelabuhan dibuka setelah Nyepi. Hari ini (kemarin) roda dua juga banyak yang menyeberang ke Bali,” kata Saharuddin. Berdasar data yang diperoleh Jawa Pos Radar Banyuwangi, kendaraan roda dua yang telah menyeberang ke Bali hingga kemarin mencapai 4.000 unit.

Kendaraan roda empat dan kendaraan besar yang telah menyeberang sebanyak 2.200 unit, dan pejalan kaki sekitar 1.200 penumpang. Saharuddin memprediksi, pemudik yang balik ke Pulau Bali pasca libur Hari Raya Nyepi masih akan berlangsung sampai Minggu mendatang.

Diprediksi, hari-hari ke depan kendaraan roda dua dan pejalan kaki masih mendominasi penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. “Kita prediksi kendaraan atau penumpang masih terus mengalir sampai Minggu. Roda dua dan pejalan kaki yang mendominasi,” pungkas pejabat pelabuhan kelahiran Padang itu. (radar)