Penumpang Pesawat Melonjak

0
358

SEMENTARA itu, ajang balap sepeda internasional Banyuwangi Tour de’Ijen (BTDI) yang digelar mulai Jumat (7/12) hingga Minggu besok (9/12) membawa berkah bagi penerbangan Surabaya- Banyuwangi. Penumpang pesawat Merpati Nusantara Airlines (MNA) dan Wings Air mengalami kenaikan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selama balapan tingkat internasional itu digelar, penumpang kedua maskapai itu cukup tinggi. Malah, peningkatan penumpang sudah terlihat sebelum BTDI dilaksanakan. “Ada tren kenaikan penumpang setiap ada kegiatan di Banyuwangi,” cetus Kepala Bidang Perhubungan Udara dan Laut (Bid Hubula) pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika (Dishubkominfo) Banyuwangi, Ali Ruchi, kemarin (8/12).

Saat ada lomba balapan, jelas Ruchi, penumpang Pesawat Merpati dan Wings Air jurusan Surabaya-Banyuwangi ada kenaikan. Pihaknya yakin kenaikan jumlah penumpang itu karena mereka akan melihat BTDI. “Penerbangan Banyuwangi-Surabaya juga ramai,” katanya. Dari laporan yang diterima, jelas dia, maskapai Wings Air dengan jurusan Surabaya-Banyuwangi setiap Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu, mulai ada pelonjakan penumpang sejak Selasa (4/12). Pesawat dengan daya angkut 72 seat itu, jumlah penumpang Selasa lalu 65 orang. “Padahal, penerbangan pada Minggu (2/12 masih 49 orang,” terangnya.

Loading...

Penumpang Wings Air dengan jurusan Surabaya- Banyuwangi sebanyak 60 orang lebih ini, jelas dia, berlangsung hingga Jumat (7/12). “Untuk penerbangan jurusan Banyuwangi- Surabaya juga menunjukkan tren kenaikan yang cukup signifikan selama ada BTDI,” katanya. Kondisi yang tidak beda juga di alami maskapai Merpati. Dengan daya angkut 44 seat untuk jurusan Banyuwangi- Surabaya, dan 55 seat untuk jurusan Surabaya-Banyuwangi, penumpangnya juga melonjak selama ada BTDI. “Menjelang BTDI digelar, jumlah penumpang sudah naik,” jelasnya. Maskapai Merpati yang melayani penerbangan setiap Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu, itu mulai terlihat ada lonjakan penumpang untuk jurusan Surabaya-Banyuwangi sejak Rabu (5/12).

Dua hari menjelang BTDI sampai overload. “Rute Surabaya-Banyuwangi maksimal 55 seat, tapi penumpangnya sampai 56 orang,” cetusnya. Sabtu kemarin, jelas dia, penumpang Merpati jurusan Surabaya-Banyuwangi juga masih tinggi, yakni 48 orang. Penumpang yang meninggalkan Banyuwangi juga cukup tinggi. “Selama BTDI, penumpang lebih banyak yang masuk ke timbang yang meninggalkan Banyuwangi,” ungkapnya. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2