Penyebab Bocornya Buritan masih Misterius

0
505

penyebabDalam tempo lima tahun belakang, ada dua kapal pengangkut semen di sekitar Pelabuhan Tanjung Wangi yang mengalami kandas. Pada tahun 2008 lalu, kapal bermuatan semen Bosowa juga kandas setelah bersenggolan dengan kapal tanker milik Pertamina.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KAPAL Kargo Caraka Jaya Niaga III-16 yang mengangkut sekitar 3.504 matriks ton semen milik PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbkdari Jakarta itu tiba di Pelabuhan  Tanjung Wangi pada 21 Oktober 2013 lalu. Saat itu, kapal tidak bisa langsung masuk dermaga. Sebab, kondisi dermaga saat itu sedang full. Karena kondisi dermaga full kapal yang sedang bongkar, maka kapal kargo Caraka Jaya Niaga III-16 itu memutuskan lego jangkar sekitar 500 meter dari Pelabuhan Tanjung Wangi.

Saat kapal kargo Caraka Jaya Niaga III-16 datang, di dermaga ada kapal kargo Ganda Satria yang se dang bongkar semen milik PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Rencananya, kapal Ganda Satria selesai bongkar pada 5 November 2013 sore atau paling lambat 6 November 2013 pagi. Setelah kapal Ganda Satria selesai bongkar, maka giliran kapal Caraka Jaya Niaga III-16 merapat dermaga untuk bongkar muatan sama. Kapal kargo Ganda Satria meninggalkan Pelabuhan Tanjung Wangi pada 6 November 2013 siang hari.

Kapal Kargo Caraka Jaya Niaga III-16 diketahui bocor dan kemasukan air pada 5 November 2013. Hingga kemarin siang (8/11), belum diketahui secara jelas, titik ke bocoran yang menyebabkan air laut masuk dalam kapal yang sedang lego jangkar tersebut. Kebocoran kapal Kargo Caraka Jaya Niaga III-16 itu berbeda dengan kebocoran yang di alami kapal yang mengangkut semen Bosowa tahun 2008 lalu. Lima tahun lalu kapal milik semen Bosowa itu mengalami kebocoran setelah bersenggolan dengan kapal tanker milik Pertamina.

Kapal kargo Caraka Jaya Niaga III-16 kali ini mengalami kebocoran saat sedang lego jangkar menunggu giliran bongkar di dermaga pelabuhan. Begitu tahu ada ke bocoran di buritan, maka kapal itu langsung didorong ramai-ramai oleh beberapa tugboat (kapal penarik) ke dekat pantai. Beberapa tug boat yang dikerahkan tim pim pinan Syahbandar Tanjung Wangi itu berhasil menggeser kapal hingga 400 meter dari posisi awal. “Kapal itu sengaja dikandaskan di dekat pantai se kitar Pelabuhan Tanjung Wangi,” papar Syahbandar Tanjung Wangi, Sri Sukesi.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2