Peserta Datang dari Lima Rayon

0
378
CALON PESERTA: Mobil hias digarap di Jalan Wahid Hasyim, Banyuwangi, kemarin.
CALON PESERTA: Mobil hias digarap di JalanWahid Hasyim, Banyuwangi, kemarin.
CALON PESERTA: Mobil hias digarap di Jalan Wahid Hasyim, Banyuwangi, kemarin.

BANYUWANGI – Peserta Festival Kuwung (FK) 2012 dibagi menjadi lima rayon. Masingmasing rayon mengirimkan minimal 100 orang pada pawai yang berlangsung Sabtu mendatang (22/12) tersebut. Lima rayon itu mengacu pada daerah pemilihan (dapil) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penetapan lima rayon itu untuk memudahkan mobilisasi peserta dari masing-masing kecamatan se-Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Selain peserta dari lima rayon, ada penari gandrung dan seblang sebanyak 200 orang. Penari gandrung dan seblang itu akan menjadi peserta pertama yang akan tampil dalam FK tahun ini “Setelah gandrung dan seblang tampil, baru peserta dari masing-masing rayon tampil,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Suprayogi, kemarin (19/12).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, FK tahun ini juga akan di ikuti peserta dari luar daerah. Hingga saat ini, ada lima daerah yang sudah menyatakan akan mengirim tim kesenian dan budaya dalam FK. Lima daerah itu adalah Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kota Denpasar. Masing-masing daerah akan mengirim peserta 50 orang. Khusus Kota Probolinggo mengirim peserta lebih dari 50 orang. Rute yang akan dilalui masih sama seperti tahun 2011 lalu. Start peserta dari depan kantor Pemkab Banyuwangi di Jalan A. Yani.

Peserta akan berjalan kaki dari Jalan A. Yani menuju Jalan PB. Sudirman, Jalan Satsuit Tubun, dan Jalan Diponegoro sebagai lokasi finis. Selama FK berlangsung, beberapa ruas jalan yang akan dilalui pawai sementara akan ditutup. Setelah acara selesai, jalan poros itu akan dibuka kembali. Kepada para pengguna jalan, pemerintah daerah berharap bisa menyesuaikan dengan acara tersebut. “Kita harapkan masyarakat tertib mengikuti Festival Kuwung,” harap Suprayogi. (radar)