Pilkades 16 Desa Terancam Batal

0
1080
Ilustrasi
Ilustrasi

BANYUWANGI- Pendaftaran ulang calon kepala desa (cakades) di 16 desa, tampaknya akan berdampak serius pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di desa tersebut. Pelaksanaan Pilkades di 16 desa terancam tidak bisa dilaksanakan pada 8 November 2017 mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Potensi batalnya pelaksanaan Pilkades serentak di 16 desa itu sebagai dampak dari keputusan diulangnya tahap pengumuman dan pendaftaran bakal calon. Ini terjadi karena waktu akan habis untuk melaksanakan tahap pengumuman, pendaftaran, penelitian, dan penetapan calon.

Sesuai ketentuan pasal 14 ayat (3) Perda Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemulihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa (PSKD) disebutkan, pengumuman dan pendaftaran bakal calon kepala desa dilakukan dalam jangka waktu sembilan hari.

Jika panitia Pilkades tingkat desa membuka pendaftaran ulang pada 7 Oktober 2017, maka tahap ini baru tuntas pada 17 Oktober 2017. Sejatinya, tahap pengumuman dan pendaftaran ini bisa tuntas pada 15 Oktober, namun karena ada dua hari libur Minggu pada tanggal 8 dan 15 Oktober, maka molor hingga 17 Oktober.

Setelah menyelesaikan tahap pengumuman dan pendaftaran, panitia masih masih melewati tahap berikutnya yakni tahap penelitian, penetapan, dan pengumuman calon. Sesuai dengan ketentuan pasal 21 ayat (3) Perda Nomor 9 Tahun 2015 tentang P5KD bahwa penelitian kelengkapan persyaratan administrasi, klarifikasi, serta penetapan dan pengumuman calon dilakukan dalam jangka 20 hari.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last