Porseni SD-MI 2016 Resmi Dibuka

0
102

Sebanyak-2.081-kontingen-siap-bertanding-dalam-Porseni-SD-MI.-Sebelum-bertarung,-peserta-mengikuti-opening-ceremony-di-Taman-Blambangan,-sore-kemarin.

BANYUWANGI – Ribuan atlet terlibat dalam persaingan menuju juara Pekan Olahraga dan Seni Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Porseni SD/MI) Banyuwangi tahun  2016. Even dua tahunan itu resmi ditabuh kemarin. Seperti edisi sebelumnya,  opening cere mony dipusatkan  di Taman Blambangan.

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, membuka langsung  even spektakuler tersebut. Khusus cabang olahraga (cabor), ada 2.081 atlet yang ambil bagian ajang multi even tersebut. Itu terdiri atas kalangan atlet, ofisial, dan  pelatih.

Mereka akan berlomba  menjadi yang terbaik dari berbagai  cabor. Ada 11 cabor yang  dipertandingkan dan dilombakan,  yaitu atletik, bulu tangkis, bola voli mini, catur, panahan, pencak silat,  renang, senam, sepak takraw, tenis  lapangan, dan tenis meja.

Pada kategori seni, jumlah peserta juga cukup banyak. Mereka akan berebut juara pada enam kategori, yaitu paduan suara, musik tradisional, teater tradisional, lomba mematung, tari tradisional, dan drum band. Even tersebut akan berlangsung hingga Jumat besok (3/6).

Di arena pembukaan kemarin, sejumlah atlet juga unjuk kebolehan  dari sekian cabor. Mereka  melakukan atraksi di depan Wabub Yusuf. Ada atraksi taekwondo, karate, dan pencak silat. Selain itu, juga ada penampilan  seni tari yang menghebohkan.

Acaranya memang meriah. Semua perwakilan kontingen setiap kecamatan mengikuti parade defile. Parade defile itu disertai penampilan seni dan atraksi atlet. Setiap kontingen menampilkan beragam adegan, seperti drum band, tari gandrung,  jaranan buto, tarian khas Desa Olehsari, dan aneka penampilan yang spektakuler.

Bahkan, parade defile setiap kontingen itu mirip seperti karnaval. Ada yang menarik dari parade  defile sore kemarin. Sejumlah perwakilan memberikan hadiah  istimewa kepada Wabup Yusuf  Widyatmoko. Ada yang memberikan bingkisan berupa buah-buahan  dan memberikan cenderamata   berupa wayang kulit.

Usai parade defile setiap kontingen, upacara resmi dimulai.  Wabup Yusuf Widyatmoko bertindak   sebagai pembina upacara. Dia mengungkapkan, even tersebut sangat bermanfaat bagi generasi prestasi Banyuwangi. Menurut dia, prestasi Banyuwangi  harus terus ditingkatkan. Even tersebut diharapkan bisa melambungkan nama Banyuwangi  di pentas yang lebih tinggi.

‘’Mari kita raih prestasi,” ajaknya.  Pemerintah daerah, terang dia, harus mendorong agar para atlet  yang mengikuti even tersebut  menjunjung nilai-nilai sportivitas.  Sehingga, even tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Sebagai simbol pembukaan,  Wabup Yusuf Widyatmoko bersama  sejumlah kepala satuan  perangkat kerja daerah (SKPD)  melepas balon ke udara. Hadir  pada kesempatan itu Sekda Slamet  Karyono dan forum pimpinan  daerah (forpimda). (radar)

Loading...