Ribuan Dukungan Bacagub Muspro

0
169

ribuanBANYUWANGI – Peristiwa unik terungkap dalam proses verifikasi berkas dukungan bakal calon gubernur (bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Jawa Timur (Jatim) yang maju dari jalur independen, yakni pasangan Eggy Sudjana dan M. Sihat. Betapa tidak, sebanyak 2.424 berkas dukungan yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi salah alamat. Dukungan tersebut ternyata di tujukan kepada pasangan cagub-cawagub Eggy Sudjana dan Edi Prasetio.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Akibatnya, ribuan dukungan itu pun muspro. KPU Banyuwangi tidak bisa memverifikasi berkas dukungan tersebut. Sebab, berkas dukungan yang bisa diverifikasi adalah dukungan yang dituju kan kepada pasangan Eggy Sudjana dan M. Sihat. Komisioner KPU Banyuwangi, Suherman mengatakan, KPU Jatim sudah menetapkan bahwa bacagub dan bacawagub yang telah memenuhi syarat dukungan adalah Eggy Sudjana dan M. Sihat. “Namun, ternyata berkas dukungan ada dua versi, yakni ditujukan ke pada pasangan Eggy Sudjana-M. Sihat dan Eggy Sudjana-Edi Pasetio.

Loading...

Berdasar hasil koordinasi pada 16 April (dengan KPU Jatim), yang bisa diverifikasi adalah dukungan untuk pasangan Eggy Sudjana-M. Sihat,” ujarnya kemarin (17/4). Menurut Suherman, berkas dukungan yang saat ini berada di tangan KPU Banyuwangi untuk diverifikasi ternyata di tujukan kepada pasangan Eggy Sudjana- Edi Pasetio. “Artinya, berkas dukungan untuk pasangan Eggy Sudjana dan Edi Prasetio itu tidak bisa diverifikasi,” kata dia. Dikatakan, jumlah dukungan kepada Eggy Sudjana dan Edi Prasetio itu mencapai 2.424 lem bar.

Dukungan sebanyak itu berasal dari warga Banyuwangi yang tersebar di 44 desa dan 16 Kecamatan di Banyuwangi. Sekadar tahu, untuk dapat di tetapkan sebagai cagub dan cawagub, pasangan yang maju dari jalur perseorangan harus memiliki dukungan minimal 3 persen dari total penduduk Jatim Data agregat kependudukan (DAK) Jatim sebanyak 37.269.885 jiwa. Itu artinya, syarat minimal pasangan maju dalam bursa Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Jatim 2013 mencapai 1.118.096 jiwa.

Nah, pasangan Eggy Sudjana dan M. Sihat menyerahkan 1.135.748 dukungan kepada KPU Jatim. Sehingga, pasangan tersebut dianggap memenuhi dukungan minimal. Namun, berkas dukungan tersebut harus diverifikasi kebenarannya. “Tahap verifikasi administrasi dan faktual tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bagi calon perseorangan berlangsung 15 April sampai 28 April. Tetapi, berkas yang kita terima tidak dapat diverifikasi,” pungkas Suherman. (radar)

Loading...