Saksi Berbelit, Kerabat Rosan Histeris

0
556
SIDANG: Terdakwa Muhamad Ali Hiduan alias Habib di PN Banyuwangi kemarin.

BANYUWANGI – Sidang kasus pembunuhan berencana dengan terdakwa Muhamad Ali Hinduan alias Habib alias Muhdi Uraidi bin Ali, 44, diwarnai tangis histeris kerabat korban kemarin (5/9). Pasalnya, saksi memberikan keterangan berbelit yang sangat bertolak belakang dengan keterangan yang diberikan saat menjalani proses penyidikan sebelumnya. Saksi yang dihadirkan dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi adalah Haedori Setiawan.

Dia merupakan saksi dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Rosan; istrinya, Siti Jamilah, 37; dan putra semata wayangnya, Deri Pradana, 14.
Haedori menjadi saksi mahkota lantaran dia juga terlibat dalam kasus pembunuhan keji yang menewaskan ketiga korban asal Dusun Dadapan, Desa
Karangsari, Kecamatan Sempu, itu. Bahkan, Haedori juga sudah diganjar hukuman seumur hidup dan vonis tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Nah, dalam kesaksian kemarin, Haedori mengatakan bahwa dalang sebenarnya kasus pembunuhan yang menyeret nama empat pelaku tersebut adalah Siwan. Kesaksian itu sangat bertentangan dengan keterangannya saat menjalani penyidikan dan saat proses persidangan terhadap dirinya sendiri. Sebab, saat disidang sebagai terdakwa, Haedori mengaku bahwa otak pembunuhan terhadap keluarga Rosan adalah Habib.

Haedori berkilah bahwa keterangan yang dia berikan saat menjalani penyidikan dan sidang dengan status terdakwa tidak benar. Sebab, dia berada dalam tekanan. “Saya khawatir anak dan istri saya dibunuh Siwan. Dia (Siwan) memang memaksa saya terlibat dalam pembunuhan itu. Jika tidak, dia akan membunuh anak dan istri saya,” ujarnya.

Mendengar perkataan saksi yang  cenderung melindungi Habib, Hosniah, mantan pembantu rumah tangga korban langsung histeris. Bahkan, lantaran tidak kuasa menahan emosi, perempuan itu terpaksa digiring petugas ke luar ruang sidang. Akibatnya, sidang pun terpaksaditunda sejenak.  Sesaat setelah sidang dilanjutkan, Haedori kembali memberikan keterangan yang meringankan Habib.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
3 Orang Diamankan dalam Kasus Perusakan Belasan Rumah di Banyuwangi