Saling Beradu Perangkat Sound System

0
7565

BANYUWANGI – Warga Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, memiliki tradisi unik untuk menyambut dan merayakan datangnya hari kemenangan pada 1 Syawal. Warga pesisir terbesar di Jawa Timur itu menghelat festival sound system.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mereka menggunakan trailer yang disulap menjadi mesin superaudio dengan kekuatan besar. Berkumpul di lapangan Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, setiap peserta beradu kualitas suara sound system.

’’Jumlah pesertanya tahun inimeningkat drastis dibanding tahun lalu,’’ ujar Panitia Pelaksana Anang Susiyono, 35. Tradisi tersebut murni diselenggarakan swadaya masyarakat tanpa bantuan Pemkab Banyuwangi. Acara itu awalnya hanya pesta kembang api dan takbir keliling yang rutin di adakan setiap tahun sejak 1997.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kini event tersebut justru menjadi tradisi yang melekat di masyarakat, terutama pemilik sound system. ’’Kami tidak mengundang. Mereka datang sendiri ke tempat ini tiap tahun,’’ katanya.

Festival sound system tahun ini  diikuti 70 peserta dari Banyu wa ngi  dan berbagai kota lain di Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah. Mereka rela datang jauh-jauh hanya untuk mengikuti adu kekuatan kualitas sound system. ’’Panitia hanya menyediakan tempat dan keamanan,’’ terangnya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
3 Bocah Hilang Terseret Ombak Pantai Trianggulasi