Sehari Rata-rata Bikin 7.500 Sepeda Motor

0
446
CEKATAN: Para pekerja merangkai bagian motor Yamaha Mio J.
CEKATAN: Para pekerja merangkai bagian motor Yamaha Mio J.
CEKATAN: Para pekerja merangkai bagian motor Yamaha Mio J.

Pabrik PT Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ) berdiri megah di Kawasan Industri KIIC (Karawang InternationalIndustry City). Sepeda motor  yang diproduksi pabrik itu 90 persen komponen lokal. Berikut catatan SIGIT HARIYADI yang baru mengunjungi pabrik tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GERIMIS menyambut kedatangan puluhan awak media asal seantero Nusantara di pabrik sepeda motor PT YMMWJ siang itu. Namun, rintik hujan itu tidak menyurutkan hasrat kami melihat dari dekat proses pembuatan kuda besi di pabrik yang berada di bawah naungan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tersebut. Awak media memang kerap mengabaikan kondisi cuaca demi mendapat informasi terbaik untuk pembaca.

Begitu juga dengan yang kami lakukan saat kali pertama menginjakkan kaki di pabrik yang berlokasi di Jalan Permata I lot BB-1, KIIC, Karawang, Jabar, tersebut. Apalagi, se lama perjalanan darat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Karawang, kami sudah mendapat informasi bahwa pabrik yang akan kami kunjungi adalah pabrik Yamaha terbesar di Indonesia. Setelah mendapat penjelasan dari Direktur PT YMMWJ, Teddy Cahyadi Yacob, di ruang lobi, kami langsung merangsek ke lokasi pembuatan sepeda motor.

Belakangan diketahui, PT YMMWJ khusus memproduksi motor jenis matik dan tipe bebek produsen berlambang garputala tersebut, di antaranya Jupiter Z1, Vega ZR, Mio J, Mio Fino, dan Mio Soul GT. Sepeda motor merek Jupiter MX, Xeon, dan motor sport Yamaha, diproduksi di pabrik di kawasan Pulogadung, Jakarta. Saya dan sejumlah rekan sesama warta wan sempat geleng-geleng kepala saat menyaksikan proses produksi di pabrik PT YMMWJ. Dugaan awal kami, pabrik sepeda motor sangat kotor dan ceceran oli berserakan di mana-mana. Ternyata itu tidak terbukti.

Sebaliknya, kebersihan pabrik sangat terjaga. Bahkan, kebersihannya layak disejajarkan dengan pabrik makanan. Yang tidak kalah menarik, ternyata para pekerja di pabrik tersebut tidak hanya berasal dari kalangan pria. Ratusan pe rempuan pun tampak di sana, dan me reka begitu cekatan mengerjakan bagian- bagian sepeda motor. “Memang ada kelebihan masing-masing. Pekerja laki-laki cenderung lebih kuat, dan keunggulan pekerja perempuan lebih teliti,” ujar Eko Prabowo, general manajer (GM) marketing communication and community PT YMMWJ yang kala itu mendampingi kami berkeliling pabrik.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last