Sembelih Ribuan Ternak

0
714

sembelihBANYUWANGI – Hari Raya Idul Adha disambut gembira umat Islam di Bumi Blambangan kemarin (15/10). Seluruh masjid, musala, dan lapangan di segenap penjuru Kabupaten Banyuwangi dipadati jamaah salat Idul Adha pagi kemarin. Setelah menunaikan salat Id, mereka menyembelih ternak kurban di lingkungan masing-masing. Selanjutnya, daging ternak kurban tersebut dibagikan kepada yang berhak menerima.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, jumlah ternak yang di sembelih kemarin mencapai ri buan ekor. Ada yang dilakukan oleh lembaga, organisasi, tempat ibadah, ada pula yang di lakukan perorangan. Seperti yang dilakukan ja ma ah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Banyuwangi ke marin. Tidak tanggung-tanggung, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini Dewan Pim pinan Daerah (DPD) LDII Ba nyuwangi menyembelih ra tusan hewan kurban dan di bagikan kepada warga yang membutuhkan.

Penyembelihan kambing dan sapi kurban itu dilakukan di seluruh Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Ca bang (PAC) LDII di seantero Banyuwangi. Total hewan kurban yang disembelih mencapai 237 ekor. Rinciannya, kurban sapi sebanyak 124 ekor dan kambing sejumlah 113 ekor. Ketua DPD LDII Banyuwangi, Drs. Suryono MM mengatakan, pemotongan di masing-masing PC dan PAC itu digelar serentak kemarin. Daging kurban itu langsung didistribusikan hari itu juga. “Daging kurban di distribusikan kepada warga sekitar masjid dan musala binaan LDII,” ujarnya.

Sementara itu, jamaah Mas jid Agung Baiturrahman (MAB) mempercayakan ternak kurban disembelih di masjid di pusat Kota Banyuwangi itu. Sedikitnya, ada delapan sapi dan 19 kambing hasil sedekah jamaah. Pemotongan ternak kurban itu disaksikan Ketua Umum Yayasan MAB, KH. M. Habib Mahdi Hasan. Tidak hanya masjid, sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi juga melakukan penyembelihan ternak kurban. Seperti yang terlihat di kampus Stikes Banyuwangi di Jalan Letkol Istiqlah, Kecamatan Giri, kemarin.

Loading...

Ketua Stikes Banyuwangi, Dr. H. Soekardjo memimpin penyembelihan ternak kurban pagi itu. Tahun ini Stikes Banyuwangi menyembelih dua ekor sapi dan dua ekor kambing. Sementara itu, di lapangan Taman Blambangan, ribuan jamaah melaksanakan salat Idul Adha. Salat yang di mulai pukul 05.45 tersebut berlangsung lancar. Bertindak sebagai imam adalah pengasuh Pon dok Pesantren Al-Muttaqin Bli tar, KH. Abu Hilal. Selain menjadi imam, Abu Hilal juga menjadi khotib.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2