Sempat Anjlok, Harga Buah Naga Kini Tembus Rp 15 Ribu/Kg

0
418


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PESANGGARAN – Harga di pasaran mulai merangkak naik, petani buah naga di Banyuwangi kembali sumringah. Jika sebelumnya hanya laku Rp 1.500 per kilogram, kini naik menjadi Rp 15 ribu per kilogram.

Harga buah naga yang sempat anjlok karena musim hujan itu, mulai naik sejak dua pekan lalu. “Kini sudah mulai naik, saat harga hancur saya sempat tidak memanen,” ujar Aswadi, 54, petani buah naga asal Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Menurut Aswadi, awal tahun 2018 ini musim panen buah naga. Tanaman buah naga milik warga, panen dengan serempak. “Saat harga buah naga Rp 1500 per kilogram itu kami bangkrut, modalnya tidak cukup,” katanya.

Aswadi menyebut harga ideal buah naga itu minimal Rp 6.000 per kilogram. Iika harganya di bawah itu, maka petani dipastikan merugi. “Harga Rp 6.000 per kilogram itu sudah mepet, kalau dibawahnya jelas rugi,” ungkapnya.

Loading...

Aswadi berharap harga buah naga akan tetap stabil. Sampai saat ini, permintaan pasar ke luar daerah terus mengalir. Dia mengaku kerap mengirim buah naga ke beberapa daerah, seperti Tulungagung, Blitar, dan Surabaya. Jika panen raya, setiap hektare kebun buah naga bisa panen minimal dua ton.

“Harapan kita harga buah naga tetap di atas Rp 7.000 per kilogram, dengan harga itu kami bisa sedikit untung,” ujarnya.

Untuk menggenjot hasil panen di luar musim, jelas dia, petani kerap kali menggunakan metode penerangan dengan lampu. Sepanjang malam, pohon buah naga diterangi lampu untuk pengganti sinar matahari. Biaya menggunakan metode lampu ini juga cukup mahal.

“Setiap hektare bisa menghabiskan biaya hingga Rp 40 juta. Tapi dengan pakai lampu harga buah naga cenderung mahal, bisa tembus Rp 20.000 hingga Rp 22.000 per kilogram,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pedagang buah naga, Katiyem, 35, mengatakan pembeli buah naga kini cenderung menurun. “Sejak harga buah naga naik, pembeli menurun,” cetusnya.

Apalagi saat ini, lanjut dia, wisatawan yang berkunjung ke Wisata Pantai Pulau Merah di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran juga jarang yang mampir.

“Untuk buahnya bagus-bagus, harganya dari petani Rp 12.000 per kilogram, kalau kita jualnya ya Rp 15.000 per kilogram,” katanya.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :