Siapkan Sertipikat Jajanan Anak Sekolah

0
1151
ILUSTRASI
ILUSTRASI

BANYUWANGI – Para pedagang makanan yang selama ini menjajakan dagangannya di sekitar gedung sekolah tampaknya harus mulai memperhatikan kualitas barang dagangan mereka. Karena dalam waktu dekat, sekolah bersama puskesmas dan  komite sekolah akan mulai mendata para  pedagang jajanan sekolah.

Bagi pedagang yang menjual makanan tak  sesuai dengan standar kesehatan, jangan  harap bisa diizinkan berjualan oleh pihak sekolah. Seperti yang disampaikan Kepala  Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono  melalui Sekretaris Dinas Pendidikan, Dwi  Yanto kemarin (20/1).

Usai melakukan rapat bersama perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Perwakilan dari jenjang SD hingga SMA,  munculah gagasan untuk menyiapkan sertipikat sehat untuk jajanan anak sekolah. Dwi mengungkapkan, selama ini pengawasan terkait kandungan gizi dan bahaya yang ada  pada jajanan anak sekolah belum 100 persen  terlaksana.

Memang ada imbauan dari puskesmas usai dilakukan inspeksi mendadak  (sidak) di beberapa titik sekolah yang dipenuhi  pedagang makanan anak-anak. Rupanya hal itu belum dapat mengontrol jajanan anak yang  selama ini diketahui masih memiliki kandungan yang berupa-rupa.

Loading...

Di lapangan masih ada makanan yang digoreng  dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali. Ada juga yang menggunakan zat pewarna. Dengan sertipikat sehat nantinya  hanya pedagang yang sudah dinyatakan lolos uji yang boleh  berjualan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last