Simbol Spirit Sportivitas Atlet

0
1325

Dari Puncak Ijen Api Porprov Diboyong ke Pendapa

BANYUWANGI – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Jatim secara resmi dimulai tanggal 6-13 Juni. Pembukaan  bakal digelar besok malam (6/6) di Stadion Diponegoro, Banyuwangi. Rangkaian berbagai pertandingan  sudah dimulai lima hari lalu.

Mengawali pesta olahraga terbesar di Jatim itu, Selasa dini hari kemarin  (5/6) dilakukan pengambilan api Porprov dari kawah Gunung Ijen. Selanjutnya, dari atas gunung yang memiliki ketinggian 2.799 mdpl itu, api Porprov diarak menuju Pendapa Sabha Swagata Blambangan.

Api abadi itu dijadikan sebagai simbol spirit sportivitas dalam Porprov tahun ini. Api diambil  langsung dari sumber blue fire Kawah Ijen. Selepas pengambilan blue fire, api abadi itu akan diarak keliling  Kota Banyuwangi. Selanjutnya, api abadi itu diinapkan di pendapa dan akan dibawa saat pembukaan Porprov nanti.

Sementara itu, sesampai di pendapa, api Porprov diterima Bupati Banyuwangi Abdullah  Azwar Anas.  Api yang diambil dari Kawah Ijen ini disematkan di atas sebuah  tungku besar oleh Anas  bersama Ketua Harian Koni Jatim Dhimam Abror. Rencananya,  api itu akan berada di pendapa sampai pelaksanaan pembukaan Porprov Sabtu 6 Juni besok.

Api Porprov diambil dari blue fire Kawah Ijen pada Kamis dini   hari sekitar pukul 02.00. Api diambil  oleh tim gabungan KONI Provinsi Jatim, KONI Banyuwangi,  dan Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi. Kemudian, api menempuh perjalanan sekitar 45 KM dibawa menggunakan  dua buah obor menuju pendapa untuk disemayamkan hingga pembukaan Porprov.

Puluhan penambang belerang Ijen juga turut mengiringi pengiriman api itu. Sekadar tahu, blue fire merupakan fenomena alam yang  unik di Gunung Ijen. Api biru itu  muncul akibat proses kimia terbakarnya  gas metana yang dihasilkan belerang oleh rembesan panas bumi dari perut bumi.

Baca :
Lewat Jalur Tikus, 35 Pemudik Dipaksa Putar Balik

Selain di Ijen, di belahan dunia lain fenomena unik itu hanya bisa ditemui di Islandia. Gunung Ijen merupakan salah satu gunung berapi di Banyuwangi yang berketinggian 2.799 mdpl. Bupati Anas mengatakan, api  Porprov sengaja diambil dari api abadi yang berasal dari blue fire Kawah Ijen sebagai simbol perjuangan dan kerja keras para atlet Porprov dalam bertanding.

”Simbol spirit kerja keras para penambang belerang ini saya harapkan menular kepada seluruh  atlet Porprov,” kata Anas. Dia berharap perjuangan dan kerja keras atlet Porprov juga dibarengi spirit sportivitas dalam bertanding. “Kita berharap Porprov  ini bisa menghasilkan atletatlet  yang berprestasi sampai tingkat internasional,” ujar Anas.

Ketua Harian KONI Jatim, Dhimam Abror mengatakan, pengambilan api Porprov dari blue fire Ijen merupakan sebuah  pengalaman yang luar biasa. Api ini akan menjadi api yang menyemangati  para atlet selama  Porprov berlangsung.  Dhimam mengatakan, pada  tanggal 6 Juni besok api tersebut akan dibawa ke Stadion Diponegoro saat opening ceremony Porprov 2015 berlangsung.

Api  itu akan terus menyala sampai akhir pertandingan Porprov 13 Juni. ”Api akan dipadamkan pada upacara penutupan 13 Juni mendatang,” ujar mantan  pemred Jawa Pos itu. Dia menambahkan, api blue fire yang berwarna biru itu juga  dirasa memiliki filosofi tersendiri  yang bisa dijadikan semangat bagi para atlet Porprov.

Selain  itu, sejauh ini perhelatan Porprov  di Banyuwangi sangat bagus. ”Biru ini melambangkan kekuatan, kebersamaan, dan keindahan,” pungkas Dhiman. Sementara itu, pada saat pengambilan api di dasar Kawah Ijen  kemarin, seluruh tim yang naik  ke atas gunung sempat terkendala angin kencang.

Angin yang kencang di atas gunung membuat asap belerang yang ada di dasar kawah menutupi api biru  di dasar kawah.  Namun, hal tersebut tidak berlangsung  lama. Setelah beberapa  saat angin yang berembus sedikit berkurang, sehingga memungkinkan  tim mengambil api pertama  Porprov dari dasar Kawah Ijen.

Baca :
Diduga Mabuk, Dua Pria Tewas Kecelakaan

”Yang turun tadi selain saya ada dari  penambang belerang, Pak Ribut, dan salah satu operator obor api, Andre. Ini berkat rida Allah, sehingga kita berhasil mengambil api dari blue fire ini,” jelas Kabid Pendidikan dan Penataran KONI Jatim, Imam Marsudi, yang turun ke dasar kawah.

Rencananya api Porprov itu akan diarak berkeliling Kota Banyuwangi usai salat Jumat  (6/5) hari ini. Arak-arakan tersebutakan melewati jalan-jalan  utama di Kabupaten Banyuwangi. (radar)