Blue Fire, Cuma 2 di Dunia Satunya di Indonesia

0
346
Api biru Kawah Ijen, Banyuwangi. (Foto: detik.com)

BANYUWANGI – Traveler mungkin pernah dengar tentang fenomena api biru. Nyatanya, api biru cuma ada dua di dunia. Salah satunya di Indonesia loh.

Masyarakat Indonesia tentu boleh berbangga karena memiliki Gunung Ijen di Banyuwangi. Soalnya, Gunung Ijen merupakan satu dari dua tempat di dunia untuk melihat api biru. Sementara satu lagi ada di Islandia.

Bagi traveler yang belum tahu, Gunung Ijen merupakan gunung berapi aktif yang berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso di Jawa Timur. Ijen memiliki ketinggian 2.443 Mdpl dan bertetangga langsung dengan Gunung Merapi.

Terakhir meletus pada tahun 1999, Ijen menyimpan keindahan lewat kawah yang dapat dilihat traveler di puncaknya. Apabila datang ke sana antara pukul 02.00-04.00 WIB, traveler malah bisa melihat fenomena api biru yang menjadi ciri khas Ijen.

Jalur Kawah Ijen. (Foto: detik.com)

Namun walau disebut sebagai api biru, nyatanya itu bukanlah api. detikTravel yang pernah mengunjungi Kawah Ijen beberapa waktu lalu pun diberitahu soal ‘rahasia’ dari api biru itu.

Faktanya, api biru merupakan fenomena alam di mana gas yang keluar dari tanah bertemu dengan oksigen dan menimbulkan efek api yang berwarna biru. Warnanya tak jauh beda dengan api berwarna biru yang umum dijumpai saat menyalakan kompor.

Kawah Ijen saat siang menjelang. (Foto: detik.com)

Walau begitu, branding api biru pun sudah diterima dan diakui oleh dunia. Traveler pun juga tidak mempersoalkan detil tersebut. Satu yang pasti, semua sepakat kalau api biru ijen hanya ada dua di dunia dan luar biasa indahnya.

Asal tahu saja, fenomena api biru di Kawah Ijen pertama kali dilihat masyarakat sekitar pada tahun 1950-an. Anda yang ingin melihat api biru, silakan mendaki Gunung Ijen yang ada di Banyuwangi.

Cara ke sana:

Bagi traraveler yang mau melihat api biru, tentu harus mendaki Gunung Ijen terlebih dulu. Dari Pos Paltuding yang menjadi pos pertama pendakian, traveler harus berjalan sejauh 3 km lebih untuk melihat api biru.

Perjalanan di 1 Km pertama akan landai. Kemudian 1 km kedua akan menanjak dan ini yang berat. Lalu 1 km terakhir traveler akan mendapati medan yang sedang.

Belum selesai sampai di situ, traveler masih harus 800 meter ke bawah menuruni kawah untuk melihat api birunya. Selamat mencoba ya traveler! (detik.com)

Loading...