SMKN Glagah Dapat Pagu Terbanyak

0
246

27 SMPN Tidak Melaksanakan PPDB Online


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi sudah menetapkan pagu penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk SMP, SMA, dan SMK, tahun ini. Jumlah total pagu SMP kelas VII mencapai 12.797 siswa. Total pagu tersebut dibagi 75 SMPN se-Banyuwangi. Sementara itu, jumlah total pagu SMA mencapai 4.444 siswa. Total pagu SMA tersebut tersebar di 21 SMAN di Banyuwangi. Jumlah total pagu SMK adalah 2.824 siswa dan tersebar di delapan SMKN.

Dari lima SMPN di Kecamatan Banyuwangi, ternyata SMPN 2 Banyuwangi menda- pat jatah terbesar, yakni 256 siswa. Pagu terkecil adalah SMPN 5 Banyuwangi, yaitu 180 siswa. SMPN 1 Banyuwangi sebagai rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) dijatah pagu 210 siswa. Jatah sebanyak itu disebar di tujuh rombongan belajar (rombel) RSBI yang masing-masing diisi 30 siswa. Sementara itu, pada tahun per- tama pemberlakuan PPDB online, ternyata belum semua SMPN menerapkan PPDB online.

Loading...

Dari 75 SMPN di Bumi Blambangan, sebanyak 27 SMPN belum menerapkan PPDB online. Dari 27 SMPN yang tidak me- laksanakan PPDB online itu, sebanyak 25 SMPN kemung- kinan besar karena pagunya tidak terpenuhi. Sementara itu, dua SMPN RSBI, yakni SMPN 1 Banyuwangi dan SMPN 1 Genteng, melaksanakan PPDB lokal. “Yang pagunya kurang ada seleksi. Semua yang mendaftar diterima,” tegas kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dispendik Banyuwangi, Suratno.

Di tingkat SMA ada empat SMAN yang dijatah pagu cukup besar, yakni SMAN 1 Rogojampi sebanyak 324 siswa, SMAN 1 Giri 288 siswa, SMAN 2 Genteng 288 siswa, dan SMAN 1 Genteng 288 siswa. Ada empat SMAN yang tidak menerap kan PPDB online, yaitu SMAN 1 Giri, SMAN 1 Glagah akselerasi, SMAN 1 Glagah pengayaan, dan SMAN 2 Genteng. Pagu SMAN 1 Glagah (akselerasi) mendapat pagu 20 siswa dengan satu rombel.

Kelas pengayaan SMAN Glagah pagunya 96 siswa dengan tiga rombel. Pagu terbesar untuk SMKN diterima SMKN 1 Banyuwangi dan SMKN Glagah. SMKN 1 Banyuwangi mendapat pagu 448 siswa dalam tujuh jurusan. “Jurusan akuntansi dan administrasi perkantoran mendapat pagu paling besar, masing- masing 96 siswa,” ujar Surtano. SMKN Glagah memperoleh pagu paling besar, yakni 576 siswa. Pagu itu dibagi dalam 13 jurusan. Pagu terbesar diberikan untuk jurusan teknik otomatisasi industry, teknik kendaraan ringan, nautika kapal penangkap ikan, dan teknik kapal penangkapan ikan; masing- masing 64 siswa. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :