Status Gunung Ijen Normal

0
349
TAK PERLU PANIK: Gunung Ijen masih berstatus normal. Meski status Gunung Agung Bali yang level siaga tidak berpengaruh terhadap aktivitas Gunung Ijen.

LICIN – Perubahan status Gunung Agung, Bali yang meningkat dari waspada menjadi siaga tampaknya akan berdampak ke Banyuwangi. Jika nanti gunung terbesar di Pulau Bali itu mengeluarkan muntahan lahar, maka warga Banyuwangi bersiap menerima dampak hujan abu dari letusan gunung yang disakralkan oleh masyarakat Bali itu.

Loading...

Kepala Bidang Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Bambang Heri, mengatakan jika peningkatan status Gunung Agung tidak berdampak pada aktivitas Gunung Ijen. “Setiap gunung api memiliki dapur magma sendiri-sendiri jadi tidak ada dampaknya bagi Gunung Ijen,” ujar Heri.

Untuk Gunung Ijen saat ini masih pada status normal. Jika nanti Gunung Agung meletus diharapkan warga Banyuwangi tidak panik dan tenang. Untuk abu vulkanik dari semburan Gunung Agung tergantung pada arah angin.

“Masyarakat tidak perlu cemas karena meningkatnya status Gunung Agung tidak ada kaitannya dengan aktivitas Gunung Ijen,” ucap Heri. Sementara itu, aktivitas Gunung Agung saat ini masih belum mengalami erupsi. Potensi bencana letusan Gunung Agung akan berdampak pada Banyuwangi berupa sebaran abu jika angin mengarah ke barat.

Kepala bidang Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Agung Gede Suantika memaparkan, saat ini masyarakat yang berada di radius 6 km dari Gunung Agung serta sektor barat daya, selatan, tenggara, dan utara sejauh 7,5 kilometer dari puncak Gunung Agung tidak boleh ada aktivitas.

“Larangan tersebut berlaku hingga kegempaan Gunung Agung mengalami peningkatan atau pun penurunan,” papar Gede. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :