Mulai 2019, Kawah Ijen Tutup Sehari Setiap Bulan

0
2069

BANYUWANGI – Sebuah terobosan ramah lingkungan dilakukan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Timur. Sebagai pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen, BKSDA melakukan penutupan total Gunung Ijen selama sehari penuh setiap bulannya. Penutupan dilakukan untuk mengistirahatkan lingkungan sekitar Gunung Ijen.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Penutupan dilakukan pada setiap hari Jumat minggu pertama setiap bulan. Kebijakan ini rencananya diberlakukan mulai bulan Januari 2019.

“Penutupan ini bertujuan untuk memulihkan ekosistem yang ada di kawasan Gunung Ijen,” kata Kepala BKSDA Wilayah V Jawa Timur, Sumpena, Senin (10/12/2018).

Loading...

Dia menyatakan, selama ini pihaknya tidak pernah melakukan penutupan kecuali jika ada kondisi tertentu. Harapannya, dengan melakukan penutupan sehari dalam sebulan alam di Gunung Ijen bisa melakukan recovery. Sehingga minimal satu bulan sekali ekosistem di kawasan Ijen beristirahat.

Dengan demikian, lanjut Sumpena, setiap hari Jumat pada minggu pertama tiap bulannya, wisatawan tidak boleh beraktivitas di kawasan gunung Ijen selama 24 jam penuh. Begitu pula para Penambang belerang, pada hari itu juga harus libur.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Warga Cluring Sulap Sungai Penuh Sampah Jadi Lokasi Wisata