Tak Ada Pilihan, Nelayan Grajagan Tetap Melaut Meski Cuaca Buruk

0
126

BANYUWANGI – Buruknya cuaca di perairan selatan Jawa tidak menyurutkan niat nelayan Pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk tetap mencari nafkah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kembar, salah satu nelayan setempat mengatakan jika kondisi cuaca yang buruk tidak menjadi hambatan para nelayan untuk mencari ikan, sebab hasil laut merupakan sumber penghidupan satu-satunya bagi warga yang bermukim di pantai selatan Banyuwangi ini.

“Kalau tidak melaut ya nganggur di rumah, keluarga mau makan apa,” ucapnya, Jumat (8/2/2019).

Pantauan di lapangan, para nelayan terlihat menurunkan tangkapan ikan hasil laut dari atas perahu. Mereka mengaku berangkat melaut sejak dini hari tadi.

“Kami berangkat sekitar pukul 03.00 WIB dan kembali ke darat sekitar pukul 10.00 WIB,” ungkapnya.

Di musim penghujan seperti saat ini, jelas Kembar, ikan yang sering didapat adalah jenis ikan lemuru. Meski rejeki yang diperoleh tidak terlalu banyak, namun mereka mengaku tetap bersyukur.

“Satu ember ukuran sedang harganya Rp 100 ribu. Biasanya sekali melaut bisa dapat 10-12 ember, alhamdulilah berapapun hasilnya tetap kami syukuri,” ungkap Santoso, nelayan lain.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Banyuwangi, memberikan atensi kepada masyarakat nelayan terkait adanya potensi angin kencang.

Kondisi tersebut diakibatkan pertumbuhan awan cumolonimbus (CB) pada bulan Februari yang merupakan puncak musim penghujan.

“Dampak dari cuaca tersebut gelombang laut di pantai selatan bisa mencapai 2,5 meter lebih. Karena itu bagi para nelayan agar waspada, kalau bisa jangan melaut dulu karena bahaya,” kata Prakirawan BMKG Banyuwangi, Gigik Nurbaskoro.

Loading...

Jual Total Station Topcon Gm-101*1 Detik hub:087783989463

Jual Total Station Topcon Gm-101*1 Detik hub:087783989463

Hubungi Kami di : ALAM SURVEY Jl. Al-Mubarok II No.31 Joglo,Kembangan Jakarta barat 11640 Contact Person Nama : Saepulloh HP…
01/25/2019
Jakarta barat

Baca Juga :