Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Tanjung Wangi Makin Diminati

tanjungBANYUWANGI – PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Wangi terus melakukan inovasi dalam memberikan Pelayanan Jasa Kepelabuhanan. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan kinerja dan produktivitas, baik untuk Pelayanan Kapal, barang, bongkar muat, gudang penumpukan, maupun lapangan penumpukan.

General Manager PT. Pelindo III Tanjung Wangi, Bangun Swastanto, ST menjelaskan, arus barang juga dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Baik dari barang-barang impor maupun dari barang- barang lokal. Pada akhir tahun 2012 lalu, Pelabuhan Tanjung Wangi telah mencapai angka sebesar 2.338.303 ton/liter untuk total arus barang. Ini menunjukkan bahwa Pelabuhan Tanjung Wangi sudah ramai diminati dan memiliki potensi menjadi pelabuhan internasional serta mampu menjadi pintu gerbang utama daerah timur Jawa.

“Kami optimistis jika ke depan kinerja Pelindo akan semakin baik, seiring dengan rencana Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mencanangkan pembukaan kawasan industri terpadu/kawasan di Wongsorejo. Hal ini akan menjadi kebangkitan generating cargo pelabuhan Tanjung Wangi,” kata Bangun. Bangun menambahkan pada tahun 2013, Pelindo III Tanjung wangi menargetkan semua peti kemas masuk pelabuhan Tanjung Wangi. Sehingga tidak melalui pelabuhan Tanjung Perak lagi.

Hal ini sudah dilakukan kerja sama MoU (Memorandum of Understanding) dengan para pelaku bisnis pengusaha di Banyuwangi dan Jember dengan data volume barang lebih 3.161 box perbulannya, belum termasuk potensi komoditi hasil perkebunanan. “Kami optimistis tahun 2013 pengiriman peti kemas dapat dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Wangi, karena sudah mengantongi beberapa data pengusaha yang mau mengalihkan pengirimannya melalui Pelabuhan Tanjung Wangi,” pungkasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE