Tim BPCB Trowulan Teliti Sumberdaya Arkeologi di Desa Watukebo

0
864

Tim-BPCB-Trowulan-mengunjungi-situs-Tangkup-di-Desa-Watukebo,-Wongsorejo.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Sumberdaya arkeologi yang berada di dua dusun Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, akhirnya disambangi Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Hasilnya, tim tersebut menemukan lokasi peninggalan arkeologi di Dusun Tangkup dan Dusun Maelang memiliki karakteristik berbeda.

Diperkirakan, kedua lokasi tersebut menjadi bagian peradaban manusia pada abad 14. Peninggalan arkeologi di Dusun Tangkup berdasar beberapa temuan pecahan gerabah dan keramik menunjukkan lokasi itu dulu sebuah  bekas permukiman.

Loading...

Ditambah lagi dengan keberadaan susunan bata yang seolah membentuk  dinding rumah.  Kemudian ada juga sebuah tempat sembahyang atau persemedian di dekat sungai tak jauh dari lokasi tersebut. Cukup lengkap menjadi sebuah permukiman masyarakat.

Sementara itu, peninggalan yang berada di Dusun Maelang diperkirakan sebuah wilayah bercocok tanam nomaden yang digunakan peradaban kuno. Adanya kalender berbentuk dakon di dalam sebuah gua menjadi penanda wilayah tersebut menjadi permukiman sementara yang digunakan peradaban kuno  untuk menunggu masa panen.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2